spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Harga Sayuran di Pasar Manis Ciamis Terjun Bebas

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Harga berbagai jenis komoditas sayuran di Pasar Manis Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir.

    Irah, salah seorang pedagang di Blok F Pasar Manis Ciamis, mengaku jika pihaknya tidak mengetahui pasti penyebab penurunan harga sayuran. Pasalnya, harga sayuran sudah turun sejak dibeli dari bandar besar.

    “Seminggu menjelang Lebaran, sayuran yang saya jual harganya masih cukup tinggi karena dari bandarnya juga mahal,” ujar Irah, Rabu (3/6/2020).

    BACA JUGA: Bupati Ciamis Serahkan Restocking 400 Ribu Benih Ikan

    Irah menduga, kebutuhan masyarakat akan sayuran menjelang Idul Fitri dan pasca Idul Fitri berbeda. Sehingga permintaan pasar menurun pasca Idul Fitri yang diikuti dengan turunnya harga juga.

    “Biasanya, kalau permintaan pasar cukup bagus, harga ikut menyesuaikan,” jelasnya.

    Beberapa komoditas sayuran yang mengalami penurunan harga diantaranya cabe merah dari Rp60 ribu per kilogram menjadi Rp40 ribu per kilogram. Lalu bawang merah menjadi Rp48 ribu per kilogram dari semula Rp52 ribu per kilogram.

    Bawang putih pun mengalami penurunan sekitar Rp10 ribu per kilogram dari harga sebelumnya menjadi Rp30 ribu. Sedangkan cabe rawit mengalami penurunan harga yang cukup drastis dari Rp80 ribu per kilogram menjadi Rp40 rinu per kilogram.

    “Cabe hijau pun turun Rp5000 dari Rp 30 ribu jadi Rp25 ribu. Mungkin harga kemiri saja yang masih stabil sekitar Rp50 ribu per kilogram,” tambahnya.

    Dengan kondisi harga beberapa komoditas sayuran yang turun, Irah berharap omset penjualanya bisa meningkat. Dibanding saat harga sayuran sedang melambung.

    “Mudah-mudahan saja dengan harga yang turun ini bisa mendokrak peningkatan omzet penjualan,” harapnya.

    (Husen Maharaja/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img