spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Bantuan Covid-19 Pemkot Tasikmalaya Cair Besok

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya akan mencairkan bantuan uang tuan untuk masyarakat terdampak Covid-19 Senin (11/5/2020) besok.

    Adapun jumlah Kepala Keluarga (KK) yang akan mendapatakan bantuan Covid-19 ada 1.03.970 KK. Mereka akan mendapatkan bantuan yang bersumber dari anggaran Kementerian Sosial RI, anggaran provinsi dan dari APBD Kota Tasikmalaya. Dari 1.03.970 KK, sebanyak 17.582 KK yang akan mendapatkan bantuan keuangan dari APBD Kota Tasikmalaya, sisanya dari pusat dan provinsi.

    Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan bahwa bantuan uang dari APBD Pemkot Tasikmalaya sudah siap. Pola pencairannya bekerjasama dengan kantor pos dengan sistem by name by address.

    “Mulai Senin besok, bantuan sosial terdampak Covid-19 sudah dicairkan, sebanyak 17.582 KK akan menerima uang tunai dari APBD Kota Tasikmalaya masing-masing senilai Rp500 ribu per KK selama tiga bulan,” kata Budi Budiman seusai video conference bersama Camat dan lurah se-Kota Tasikmalaya di Balaikota Tasikmalaya, Minggu (10/5/2020) sore tadi.

    BACA JUGA: Kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya Melambat

    “Sudah kita sediakan anggaran APBD Kota Tasikmalaya kurang lebih Rp10 milyar untuk bantuan covid-19,” kata dia.

    Pencairan bantuan Covid-19 dari Pemkot Tasikmalaya diatur dan berlangusng selama tiga hari. Besok, yakni Senin (11/5) bantuan untuk KK di Kecamatan Cipedes, Purbaratu, Cibereum dan Tamansari, Selasa (12/5) KK di Kecamatan Cihideung, Indihiang dan Kawalu, dan Rabu (13/5) KK di Kecamatan Mangkubumi, Tawang dan Kecamatan Bungursari.

    ” Bagi KK penerima bantuan Covid-19 wajib menyiapkan foto copy KTP dan kartu keluarga sebagai bukti penerima bantuan uang,” kata Budi.

    Dari 1.03.970 KK, kata Budi, tidak semua ter-cover bantuan dari Pemkot Tasikmalaya. Jika nanti ada KK yang belum mendapat bantuan dari Pemkot, kemungkinan nantu masuk bantuannya dari Kemensos atau provinsi.

    “Bantuan Covid-19 ini dieksekusi oleh tiga pos bantuan, yakni dari pusat, provinsi dan Pemda. dari pusat besarnya Rp600 ribu, dari provinsi Rp500 ribu (Rp350 berupa sembako dan Rp150 ribu uang tunai,” kata dia.

    (Seda/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img