spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Radar Covid-19, Kecanggihan Jatim Lawan Corona

    JATIM, FOKUSJabar.id: Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah di berbagai daerah untuk mencegah penularan virus corona. Pemerintah Provinsi Jawa Timur misalnya, resmi meluncurkan Rapid Covid-19, yang bisa diakses secara daring.

    Sistem layanan during untuk mengetahui sebaranan orang positif covid-19 ini bisa di akses secara real time melalui WhatsApp.

    Layanan website tersebut sudah jelas dapat diakses oleh publik tanpa tercuali terutama untuk mengetahui sebaran positif Covid-19 di Jawa Timur.

    Baca juga: Bagi-bagi Sembako di Istana Kepresidenan Bogor Ditengah Covid-19, Jokowi Dikritik

    Radar Covid-19
    Radar Covid-19 milik pemerintah provinsi Jawa Timur
    (Instagram)

    Peluncuran Radar Covid-19 ini juga ditandai dengan postingan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indra Parawangsa melalui akun Instagram Pribadinya. Dia membagikan postingan video mengenai layanan Radar Covid-19.

    Seperti dilansir suarajatim.id, dalam video tersebut ditampilkan layanan Radar Covid-19. Dalam video tersebut terlihat titik merah yang menandaan kebedaraan pasien positif covid-19.

    Bahkan dalam sisitem itu ditunjukkan juga rumah yang menjadi rujuna pasien covid-19. Bahkan detail hingga kapasitas yang dimiliki rumah sakit itu sendiri.

    Khofifah berharap, dengan sistem Radar Covid-19 pasien yang terpapar oleh virus corona bisa menurun dari kehari-hari.

    “Layanan ini menjadi salah satu upaya Pemprov Jatim untuk memutus matai rantai persebaaran Covis-19 dengan cara transparansi data,” tulis Khofifah dalam akun instagramnya, Selasa (15/4/2020).

    Selain itu Khofifah berharap, masyarakat bisa lebih tertib menjalan aturan physical distancing dibantu dengan sistem terebut.

    “Harapannya, masyarakat bisa lebih waspada dan lebih dispilin menerapkan physycal distancing demi kepengantan bersaman,” tulis Khofifah di akhir postingannya.

    Sementara dilansir dari infocovid19.jatimpemprov.go.id, Radar Covid-19 yang dikenalkan ke publik pada 3 April lalu, dapat diakses oleh masyarakat lewat aplikasi WhatsApp.

    Dengan begitu, masyarakat lebih cepat menerima informasi terkini mengenai persebaran Covid-19 sekaligus mengambil berbagai tindakan guna mencegah penularan virus corona.

    Mulai dari mengenal gejala, konsultasi, berita baik tentang virus corona hingga melaporkan kejadian yang terindikasi terpapar Covid-19 .

    “WA Radar Covid-19 ini juga salah satu inovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal informasi mengenai Covid-19. Selain mudah diakses, ini juga bisa terhubung ke berbagai platform,” terang Khofifah.

    (As/web)

    Berita Terbaru

    spot_img