spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Dakwah, Sunu Cover Lagu “Syaidah Aisyah”

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Cover lagu ‘Aisyah Istri Rasulullah’ Vokalis Matta Band Sunu Haramain mengaku sangat senang, terlebih dirinya ingin yang mendengarkannya mengetahui bagaimana Syaidatuna Aisyah yang cerdas, solehah dan penghafal hadist.

    Kaitannya dengan lirik yang digubahnya, Sunu mengatakan bahwa pandangan orang berbeda-beda. Namun, kata dia, lirik yang sudah adapun sangat bagus, terlebih dirinya yakin bahwa pembuat lirik pun niatnya hanya ingin semua orang meneladani Sayidah Aisyah.

    Menurut dia, pemanggilan nama di lirik itu orang berbeda pendapat. Ulama mengatakan bahwasannya adab harus dikedepankan, apalagi Ummul Mukminin.

    “Ada adab memanggil seorang ibu, pantasnya memanggil Syaidatuna. Namun bukan berarti lirik yang terdahulu tidak adab. Saya yakin pembuat lirik terdahulu niatnya sangat mulia, yakni mengajarkan bagaimana berbudi pekerti luhur, serta menceritakan bagaimana Syaidatuna Aisyah memperjuangkan agama, menjadi wanita cerdas bahkan penghafal hadist,” kata Sunu di Bandung, Sabtu (11/4/2020).

    baca juga: Cover Lagu Aisyah Istri Rasulullah, Sunu Sukses Bikin Netizen Merinding

    Pada lagu yang di-cover-nya, Sunu hanya menambahkan dan sedikit mengganti. Misalnya yang awalnya ‘Minum di bekas bibirmu’ diubah menjadi ‘Dibekas Gelasmu’.

    Hal itu, kata dia, untuk menghindari orang membayangkan yang tidak pada tempatnya. Begitupun dengan kulit putih dan lain sebagainmya yang diubah menjadi ‘Solehah, Cerdas dan Berilmu’.

    “Ini pun pernah disampaikan para ulama, salah satunya Buya Yahya . Jadi alangkah baiknya mengganti dengan yang lebih sopan,” kata Sunu.

    Adapun alasan Sunu meng-cover lagu yang kini trend di youtube itu, adalah sebagai sarana dakwah, mengajak orang lain untuk memanggil dengan panggilan sopan kepada orang yang lebih berilmu, dewasa, terlebih Ummahatuna Syaidah Aisyah.

    “Apalagi budaya kita (Indonesia) memanggil orang yang lebih berilmu, dewasa itu harus dengan sopan. Namun sekali lagi bukan berarti lirik sebelumnya tidak sopan,” kata dia.

    Disinggung komentar netizen yang mengaku merinding setelah mendengar lagu ‘Syaidah Aisyah Istri Rasulullah’ gubahan Sunu, dia bersyukur.

    Namun, kata dia, tidak cukup hanya ‘merinding’ saja, lebih dari itu dia berharap setelah mendengar lagu itu dilanjutkan dengan meneladani, mengamalkan sunah-sunah Baginda Rasulullah SAW.

    “Jadi saya berharap setelah mendengar lagu ini, ada semangat untuk mengamalkan sunah-sunah Nabi Muhammad SAW, dan meneladani Syaidatuna Aisyah,” kata Sunu.

    Penyanyi bernama asli Ahmad Sunu Haramain ini kembali menyanyikan lagu tersebut dan mem-postingnya di chanel youtube miliknya Sunu Haramain, di akun intagram hingga media sosial lainnya.

    Dengan lirik yang sudah digubah, Sunu tampil apik dan menjiwai setiap kata yang dinyanyikannya. Tak ayal banyak netizen yang mengaku tersayat hati, merinding bahkan ada yang merasa adem mendengar lagu yang dibawakan vokalis band yang ngetop dengan lagu ‘Jambu’ dan ‘Ketahuan’ itu.

    Dibantu Yudi (Keyboardis Matta Band), Kidehan dan Danis Music Studio, Sunu sukses membuat aransemen lagu Aisyah Istri Rasulullah yang sangat berbeda dari penyanyi lainnya yang sudah meng-cover lagu tersebut.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img