spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    1 RT, Rumah di Dusun Sukasari Pangandaran Terendam Banjir 

    PANGANDARAN, FOKUSJabar.id : Akibat Sungai Citanduy meluap, rumah warga di RT 35/09, Dusun Sukasari, Desa Sukanagara, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat terendam banjir, Minggu (5/4/2020) dini hari.

    Menurut Ketua Dusun Sukasari, Atis, sedikitnya 24 Kepala Keluarga (KK) atau sebanyak 100 jiwa rumahnya terendam air bah.

    “Kejadiannya sekitar pukul 02.00 WIB. Tempat tinggal 24 KK terendam banjir. Ya, satu RT,” kata Aris.

    Sambung dia, ketinggian air mencapai 1,5 meter. Dari 24 KK, baru 5 KK yang sudah mengungsi ke rumah sanak saudaranya. Sisanya mereka ogah untuk mengungsi. Dia terus berusaha membujuk mereka agar segera mengungsi.

    “Untuk menjaga hal-hal yang tidak diharapkan, Saya terus bujuk mereka agar segera mengungsi,” terangnya. 

    Aris menyebut, kejadian tersebut bukan pertama kalinya. Yang terparah terjadi pada tahun 2017 lalu, ketinggian air hingga atap rumah. Dia khawatir kejadian tersebut kembali terjadi mengingat cuaca sudah mendung.

    “Luapan air ini memang sudah langganan. Yang paling parah tahun 2017 lalu,” ujarnya.

    Baca juga: Gubernur Jawa Barat Pantau Langsung Rapid Test di Balai Kota Bandung

    Salah satu warga setempat, Supri menjelaskan bahwa wilayahnya sudah menjadi langganan banjir. Pasalnya, rumah warga berada di bantaran Sungai Citanduy. Hanya saja tidak separah dua tahun lalu.

    Dia ogah mengungsi lantaran bakal repot harus memindahkan semua barang, Terlebih, air sudah mulai surut. Meski begitu, Supri mengaku khawatir juga ketika wilayah Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar hujan.

    “Jika hujan deras mengguyur wilayah Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar, kami khawatir juga. Sungai Citanduy  dipastikan meluap dan merendam rumah warga di sini,” ungkapnya. 

    Pantauan FOKUSJabar.co,id di lokasi, air sudah mulai surut. Nampak Tim Gabungan BPBD dan SAR MTA Kabupaten Pangandaran menyiapkan satu unit perahu untuk antisipasi air Sungai Citanduy kembali meluap.

    (Agus/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img