spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Gunung Merapi Erupsi, Semburkan Asap Setinggi 5.000 Meter

    BANDUNG, FOKUSJabar.co.d: Gunung Merapi kembali erupsi pada Jumat, (27/3/2020) pagi. gunung yang berada di perbatasan Provinsi DIY dengan Provinsi Jawa Tengah itu mengeluarkan kolom asap setinggi 5.000 meter dari puncak.

    Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyebutkan, erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 7 menit. Selain itu, visual erupsi merapi tersebut juga terekam oleh kamera pemantau milik BPPTKG yang berada di Pasar Bubrah Gunung Merapi.

    “Wilayah sebaranabu sampai dengan pukul 12.03 WIB, ada di dua kecamatan itu (Dukun dan Sawangan),” kata Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto, seperti dikutip Detik.

    Baca Juga: Tembus 85.377 Orang, Kasus Corona AS Tertinggi di Dunia

    Untuk hujan abu di Kecamatan Dukun, terjadi di Desa Krinjing, Sewukan,Talun, Dukun, Ngadipuro, Ngargomulyo dan Sengi. Sedangkan hujan abu di Kecamatan Sawangan terjadi di Krogowanan, Sawangan, Kapuhan, Ketep, Mangunsari dan Gondowangi.

    Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan dari masyarakat terkait dampak dari erupsi Gunung Merapi tersebut. Masyarakat diminta untuk tetap tenang, tidak panik dan selalu memantau informasi resmi dari pihak berwenang.

    Dalam beberapa waktu belakangan, Gunung Merapi sudah beberapa kali erupsi. Pada 3 Maret 2020, Gunung Merapi juga erupsi. Waktu itu gunung itu mengeluarkan kolom asap setinggi 6 km dari puncak.

    Letusan itu terjadi berselang 19 hari dari letusan yang terjadi pada 13 Februari 2020, tinggi kolom asap pada letusan itu adalah 2 km dari puncak.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img