spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Ini Khasiat Cecendet Buat Kesehatan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Cecendet, adalah tumbuhan yang sangat dikenal di tanah Sunda. Setiap daerah menyebut tumbuhan ini berbeda – beda, ada yang menyebut kopokan, dan sebutan lain. Tumbuhan ini bisa kita temukan di pinggir sungai, namun orangtua di Jawa Barat dulu seringkali menanam cecendet di hakaman rumahnya. Siapa sangka jika nama yang nyunda ini ternyata asal muasalnya bukan dari Sunda bahkan Indonesia, tetapi dari negeri Amerika.

    Jika kita rasakan buah ini berasa asam sepat. Mengandung banyak Vitamin C, asam dan alkaloid. Tumbuhan ini makanya masuk jenis tumbuhan apotek hidup. Tumbuhan jenis obat-obatan herbal.  Buah ini bisa dimakan langusung, namun untuk pengobatan herbal biasanya dikeringkan dibuat teh.

    Teh dari Cecendet ini memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan pengobatan beberapa penyakit. Penyakit yang bisa ditangkal oleh buah ini diantaranya, panas dalam dengan gusi beradarah, luka pada kulit termasuk borok dan iritasi, hypertensi dan paru-paru.

    Tumbuhan yang jaman dulu bisa dengan mudah ditemukan ini, sekarang mulai agak sulit. Butuh bantuan petani atau pekebun di desa untuk mencarinya. Tapi di Ciamis ada warung herbal yang menyediakan Cecendet, yang siap dibuatkan teh.

    Warung ini berada di Jalan Lingkar Selatan bederkatan dengan rumah makan Minarasa. Harganya tidak begitu mahal, Cecendet sudah menjadi bahan kering dan siap diseduh. (Deni)*

    Berita Terbaru

    spot_img