spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Ditemukan Situs Cagar Budaya di Kawali, Ciamis

     

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Diduga situs cagar budaya berbentuk candi ditemukan warga Desa Selasari, Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Memiliki tinggi 9 meter benda berupa susunan batu tersebut ditemukan di kawasan areal pesawahan milik warga.

    Penemuan dugaan situs cagar budaya ini viral setelah sebuah video diunggah di sosial media. 

    “Saya baru melihat videonya dan belum bisa mengambil keputusan situs cagar budaya apa itu,” kata akademisi sejarah, Syarif Hidayat, Jumat (17/1/2020).

    Syarif menambahkan bila melihat dari susunan bebatuan yang nampak, itu bisa diduga bentuk sebuah bangunan. Karena dari kontruksi bebatuan tersebut terlihat ada siku-siku bangunan serta terdapat dinding.

    “Ini baru dugaan, bebatuan itu berbentuk bangunan. Apakah itu candi atau hanya susunan batu-batuan sebagai peninggalan peradaban manusia di Galuh Kawali,” imbuh dia.

    Lebih lanjut dia menambahkan, harus ada penelitian dan pengembangan terlebih dahulu agar dapat diketahui benda tersebut masuk pada klasifikasi situs cagar budaya apa.

    “Ini harus ada penelitian lebih dulu. Untuk mengetahui apakah situs cagar budaya tersebut masuk pada kategori apa. Maka diperlukan seorang arkeolog yang bisa melakukan penelitian di sana,” pungkas dia.

    (Boip/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img