spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Wali Kota Bandung Siap Sampaikan Aspirasi Buruh ke Pemerintah Pusat

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, menyatakan siap menyampaikan aspirasi para buruh Kota Bandung ke pemerintah pusat perihal rencana revisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

    Oded menerima aspirasi tersebut langsung dari perwakilan sembilan serikat buruh yang tergabung dalam Forum Komunikasi Serikat Pekerja dan Serikat Buruh Kota Bandung.

    “ Pertama, saya ingin Kota Bandung selalu berada di jalur aturan yang berlaku. Kedua inilah saya ingin berupaya adanya keadilan,” kata Oded di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (4/9/2019).

    Oded sangat mengapresiasi langkah para serikat buruh di Kota Bandung yang memilih untuk bertemu langsung menyampaikan aspirasinya kepadanya. Ia menilai hal itu menjadi jalan paling efektif untuk membangun komunikasi yang baik.

    “ Kita sangat terbuka. Karena kita tidak punya kepentingan. Justru saya sangat mengapresiasi temen-temen buruh. Jadi saya harapkan pola komunikasi ini harus dipertahankan untuk mempermudah koordinasi,”ucapnya.

    Oded menuturkan beragam kebijakan lokal untuk membantu para buruh sudah disiapkan. Salah satunya tarif bus Trans Metro Bandung khusus buruh seharga Rp1 rupiah di empat koridor.

    Oded meminta Kepada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung agar menjalin koordinasi lebih intensif dengan serikat buruh untuk menggali inovasi lainnya guna membantu kesejahteraan buruh melalui kebijakan lokal.

    “ Coba inovasi lainnya di samping yang sudah ada. Sekarang tolong dibuat lagi inovasi buat temen- temen buruh. Kita buat program program lokal untuk kesejahteraan buruh,” pinta Oded.

    Sementara itu, Ketua Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) 1992, Hermawan mengaku senang lantaran Pemkot Bandung melalui wali kota bisa merespon cepat aspirasi para buruh. Hal ini menjadi sinergi yang baik dalam rangka menunjang visi Bandung Sejahtera seperti yang diusung oleh Oded M Danial dan Yana Mulyana.

    “ Kami harapkan agar bersama-sama menjaga kondisi di Kota Bandung. Karena Pemkot Bandung ini sangat responsif. Kami ucapkan terima kasih atas hal yang sudah dilakukan bersama kami,” ucap Hermawan.

    Hermawan juga siap berkolaborasi dengan Pemkot Bandung untuk mencari inovasi lainnya dalam hal pembuatan program kebijakan lokal guna menopang kesejahteraan bagi buruh.

    “ Sekarang bis buruh sudah beralih ke Rp 1 rupiah, dulu satu koridor sekarang empat koridor. Ini ada peningkatan. Sekali lagi ini sangat membantu kondisi-kondisi pengeluaran buruh di Kota Bandung,” katanya.

    (Yusuf Mugni/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img