spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Ajaib! Teknologi Implan Otak Ini Kembalikan Penglihatan 6 Orang Buta

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Teknologi implan otak berhasil mengembalikan penglihatan enam orang buta. Orang dengan kebutaan total kini bisa melihat kembali melalui mata mereka sendiri.

    Dengan implan otak, peneliti menanamkan elektroda di korteks penglihatan otak. Elektroda menerima rekaman dari kamera video yang dipasang pada kacamata yang dipakai. Tindakan ini baru saja dilakukan oleh ahli bedah Alex Shortt dari Optegra Eye Hospital.

    Prosedur tersebut merupakan bagian dari studi Baylor Medical College, Texas dan University of California, Los Angeles, Amerika Serikat.

    “Ini adalah perubahan orang dengan kebutaan total. Ini adalah pesan harapan yang nyata,” kata Shortt Seperti dilansir CNN, Senin (15/7/2019).

    Teknologi implan ini membuat mata dan saraf optik dapat mengirimkan informasi sensorik ke otak, sama seperti orang normal.

    salah satu yang berhasil melihat kembali adalah Paul Phillip. Dia sudah buta selama hampir satu dekade. Dia bisa melihat kembali setelah implan otak dan memakai kacamata dari peneliti.

    “Sungguh menakjubkan bisa melihat sesuatu,” kata Phillip.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img