spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Wali Kota Minta PKM Tingkatkan Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id : Sebagai tempat pelayanan kesehatan yang mendasar kepada masyarakat, Puskesmas (PKM) diminta terus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat.

    Hal tersebut dikatakan Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, saat menghadiri Halal bi Halal Keluarga Besar Forum Komunikasi Puskesmas (FKP) Kota Tasikmalaya, di Restoran Darmaga Sunda, Jalan Letnan Harun No33, Kecamatan Bungursari.

    Kegiatan Halal bi Halal dirangkaikan dengan pelepasan dan perpisahan Kepala Dinas Kesehatan, Cecep Zainal Kholis yang memasuki masa purnabakti.

    ” Puskesmas itu tempat awal pelayanan dasar kesehatan bagi masyarakat. Karenanya harus maksimal dalam memberikan pelayanan. Dengan begitu, tidak akan banyak dilakukan rujukan. Artinya, profesionalisme serta Pmanajemen yang baik benar-benar dikedepankan karena puskesmas sekarang ini sudah berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD),” kata Budiman.

    Budiman menambahkan, tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas harus mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan kesehatan masyarakat. Karenanya, kemampuan dan keahlian mereka di PKM dituntut lebih profesional dan kompeten.

    ” Berbicara kesehatan, mulai dari promotifnya, kuratifnya, preventifnya termasuk rehabilitasi bisa benar-benar diselesaikan di tingkatan Puskesmas,” ucap dia.

    Wali Kota mengklaim, saat ini kemampuan tenaga kesehatan di Puskesmas tidak perlu diragukan lagi. Namun yang paling penting, optimalisasi pelayanan dikarenakan masyarakat Kota Tasikmalaya sudah 75 persen telah mendapatkan jaminan kesehatan. Artinya, mereka harus mendapatkan layanan kesehatan yang prima.

    Ketua FKP Kota Tasikmalaya, A. Ahmad Suhendar mengatakan, Halal bi Halal tentunya akan mampu meningkatkan sinergitas seluruh komponen PKM dengan pimpinan daerah dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

    ” Kepuasan layanan kepada masyarakat merupakan tujuan dan komitmen seluruh tenaga kesehatan yang ada di PKM. Karenanya, SDM kesehatan terus kita tingkatkan melalui berbagai pelatihan dan diklat-diklat. Semuanya sudah memenuhi standar pelayanan,” tegas Suhendar.

    Pihaknya pun mengklaim, setelah Puskesmas berstatus BLUD, tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan kesehatan di tingkat Puskesmas semakin meningkat.

    ” Ini hasil survei, ternyata tingkat kepuasan pelayanan kesehatan sudah sangat baik. Ini menunjukkan adanya peningkatan pelayanan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Tasikmalaya,” singkatnya.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img