spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    DPRD Apresiasi Sosialisasi Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengapresiasi program dari Organisasi Aksi Solidaritas (Oase) Kabinet Kerja dalam sosialisasi pencegahan dan deteksi dini kanker serviks.

    Menurut dia, program tersebut sangat bermanfaat khususnya bagi kalangan perempuan di Jabar.

    “Kami sangat mendukung sosialisasi ini, terlebih sasarannya adalah perempuan,” kata Ineu di Sumedang, Jabar, Kamis (7/2/2019).

    Ineu menyebut bahwa pekerja di Jabar didominasi perempuan. Dia mencontohkan dari 55 ribu karyawan PT Kahatex, sebagian besarnya adalah perempuan.

    Data dari Kemenaker menyatakan bahwa perempuan rentan terhadap kanker serviks jika tidak menerapkan lingkungan yang bersih.

    “Perlu dorongan dari pemerintah daerah untuk meneruskan sosialisasi semacam ini di kabupate /kota lainnya,” kata Ineu.

    Sementara itu, Anggota Pengurus Oase Marifah Hanif Dhakiri mengatakan, Oase dan Kemenaker melakukan tes IVA sebagai bagian dari pencegahan dan deteksi dini kanker mulut leher rahim bagi para perempuan.

    “Kita ingin menyehatkan para pekerja perempuan Indonesia agar mereka lebih sehat sehingga produktivitas pun meningkat,” kata Marifah saat memberi sambutan di pemeriksaan IVA Test di PT Kahatex, Sumedang.

    Marifah mengatakan, rendahnya status kesehatan tenaga kerja dapat berdampak pada menurunnya produktivitas kerja, kemudian mengakibatkan terjadinya tingkat upah rendah.

    Dia berharap, melalui sosialisasi dan deteksi dini kanker serviks, mampu membantu para pekerjaan perempuan untuk meningkatkan status kesehatannya dalam mencegah dan mendeteksi terjadinya kanker mulut leher rahim.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img