spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Dua Nomor Cabor Panahan Batal Dipertandingkan, Ini Alasannya

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Dua nomor pertandingan di Cabang Olahraga (Cabor) Panahan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XII Jawa Barat tahun 2018 batal digelar.
    Dengan begitu, medali emas dari Cabor Panahan Popda XII Jabar yang digelar di lapangan softball/baseball SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, hanya 10 medali emas dari rencana sebelumnya 12 medali emas.
    Ketua Panitia Pelaksana Cabor Panahan Popda XII Jabar, Asep Gumilar menuturkan, dua nomor pertandingan yang batal digelar yakni nomor ronde compound beregu putra dan ronde compound beregu putri. Alasannya, persyaratan minimal jumlah atlet dan daerah yang bertanding di dua nomor tersebut ‎tidak terpenuhi.
    “Berdasarkan ketentuan, jumlah minimal atlet yang mengikuti di setiap nomor pertandingan, baik beregu maupun perorangan, yakni tiga peserta dari daerah yang berlainan.  Itu sudah ketentuan ‎di pertandingan cabang olahraga panahan dan sesuai dengan ketentuan di technical handbook Popda XII Jabar,” ujar Asep saat ditemui usai pertandingan cabang olahraga panahan Popda XII Jabar di lapangan softball/baseball SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Kamis (2/8/2018).
    Untuk nomor ronde compound beregu putra di Popda XII Jabar, lanjut Asep, ‎hanya diikuti oleh satu regu daerah saja. Sedangkan ronde compound beregu putri hanya diikuti oleh dua regu dari dua daerah.
    “Karena itu, dengan berat hati, kami tidak melombakan dua nomor tersebut meski medali sudah dipersiapkan,” tambahnya.
    Asep mengatakan, nomor compound di cabang olahraga panahan merupakan nomor yang baru berkembang di Indonesia. Selain itu, peralatan untuk nomor compound cukup mahal jika dibandingkan di nomor recurve maupun nasional. Baik dari busur panah maupun anak panahnya.
    ‎”Kemungkinan besar, daerah cukup kesulitan untuk menyediakan peralatan pertandingan di nomor compound ini yang mencapai puluhan juta lebih. Sehingga tidak banyak daerah yang mengirim atlet di nomor compound ini,” tegasnya.
    Cabor Panahan di Popda XII Jabar tahun 2018 sendiri, diikuti oleh 160 orang atlet yang mewakili 23 kota/kabupaten. Atlet terbanyak mengikuti pertandingan di nomor ronde nasional sebanyak 100 atlet, lalu nomor ronde recurve sebanyak 36 atlet, dan di nomor ronde compound sebanyak 24 atlet.
    Pada cabang olahraga panahan Popda XII Jabar yang berakhir Kamis (2/8/2018), Kabupaten Bekasi tampil sebagai juara umum setelah meraih tiga medali emas. Untuk posisi runner up diraih Kota Cimahi (2 emas dan 1 perunggu) dan peringkat ketiga oleh Kabupaten Bandung Barat dengan 1 emas dan 2 perak.
    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img