BANDUNG,FOKUSJabar.id: Produsen sepatu dan aksesori wanita asal Bandung, Adorable Projects, terus mengembangkan kualitas produk hingga pemasarannya ditengah era digital saat ini. Salah satunya dengan mengikuti berbagai program yang disiapkan Lazada untuk bisa Naik Kelaz.
Adorable Projects didirikan mojang asal Bandung, Iera Hanira dan menjalani bisnis bersama sang suami Fajar Nugraha. Brand lokal asal Kota Kembang ini menyediakan produk sepatu dan aksesori wanita yang lucu dan unik.
Perjalanan Iera bersama suami dalam membangun Adorable Projects tidaklah mudah. Bisnis dimulai oleh couplepreneur ini hanya dengan modal Rp180 ribu.
Fokus mengembangkan kualitas produk, menjadi perhatian utama Iera saat memulai bisnisnya tersebut. Dia pun tidak pernah terpikirkan untuk mengembangkan bisnis melalui kanal online.
“Saat itu, hal yang paling penting buat saya pokoknya quality, quality and quality! Awalnya kami hanya berjualan secara offline, ga kepikiran sama sekali buat punya online store,” kata Iera saat memulai percakapannya, Kamis (15/6/2023).
Lambat laun dia menyadari untuk memperluas pasarnya. Pilihannya pun jatuh kepada platform eCommerce Lazada, yang tidak hanya memiliki basis data pelanggan yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia tapi juga mewakili pangsa pasar yang ingin dicapai Adorable Projects.
“Setelah bergabung dengan Lazada, kami mengalami pertumbuhan pesat dan berhasil menjangkau pasar yang lebih luas. Semua itu tentu diraih dengan kerja keras dan kemauan untuk mempelajari dan mengeksplorasi berbagai fitur menarik yang ada di eCommerce,” Iera menuturkan.
BACA JUGA: Pemkot Bandung Bakal Segera Ambil Alih Lahan Kebun Binatang, Warga Berharap Tetap Beroperasi
Berjualan melalui Lazada, Iera mengaku bisa mengetahui jika parform e-commerce ini memiliki banyak fitur-fitur menarik. Salah satunya Lazada Seller Center dimana dirinya bisa mengetahui tren yang sedang digemari anak muda.
“Awalnya pasar Adorable Projects itu kebanyakan didominasi generasi milenial, Namun seiring berjalannya waktu, kami terus berusaha menyesuaikan produk kami dengan tren yang sedang berkembang. Mungkin karena desain yang unik, lucu dan menggemaskan membuat banyak sekali orang tertarik dengan Adorable Projects,” kata Iera.
Pemanfaatan media sosial untuk mempromosikan produknya secara lebih luas pun mulai digeluti Iera. Untuk pengembangan bisnis hingga kualitas produk, Iera ikut dalam program Coaching Clinic Lazada yang membuka akses baginya mendapatkan bimbingan dan pembelajaran langsung dari penjual sukses di Lazada.
“Awalnya Adorable Projects hanya menjual sepatu-sepatu lucu dan unik dengan pasar yang didominasi generasi milenial. Namun melihat tren di pasaran, kini kami juga menjual laptop case, outwear, pants, dress, earrings, bags, tote bag dan berbagai barang menggemaskan lainnya yang dapat melengkapi Outfit of The Day (OOTD) kamu agar terlihat semakin menarik dan berbeda dari yang lain. Produk-produk kami pun memiliki desain yang cerah, lucu dan unik dengan sedikit sentuhan feminin yang menjadi ciri khas Adorable Projects. Hasilnya, pasar kami pun kini meluas ke Gen-Z yang memang tertarik dengan desain unik, lucu dan tidak biasa,” Iera menuturkan.
Strategi Iera mengembangkan Adorable Projects dengan memanfaatkan platform eCommerce dan media digital pun menunjukkan hasil positif. Kini, dirinya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang dengan puluhan karyawan dan ratusan mitra pengrajin.
“Saya percaya jika kesuksesan bisnis bukan hanya soal mendapatkan keuntungan semata, namun juga harus memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Adorable Projects ingin bertumbuh bersama komunitas di sekitar kami. Kami ingin memiliki peran besar untuk memberdayakan komunitas sekitar, khususnya para pengrajin lokal di Kota Bandung. Bandung itu terkenal dengan industri kriya, jadi kenapa kita tidak memanfaatkan sumber daya di sini. Pengrajin-pengrajin Kota Bandung itu keren-keren loh hasil karyanya,” Iera memaparkan.
Bebagai fitur canggih dan program di Lazada, diakui Iera, banyak membantu dalam mengembangkan bisnisnya. Bebagai kemudahan dalam berjualan, diantaranya melalui ilmu yang diperoleh saat Coaching Clinic, berhasil dia temukan.
“Melalui coach di Lazada, saya belajar bagaimana sebenarnya cara efektif untuk bisa memilih strategi yang tepat untuk pengembangan brand dan toko saya. Data yang ada di Seller Center juga menjadi acuan saya dalam menjalankan Adorable Projects ini. Saya yakin, berjalan bersama dengan Lazada, bisa melangkah lebih jauh lagi karena kita partner. Kita akan sama-sama berjalan mengiringi satu sama lain mencapai kesuksesan,” Iera menegaskan.
Head of Business Development & Seller Engagement Lazada Indonesia, Fitri Karnadi mengatakan, Lazada berperan sebagai mitra bagi brand dan UMKM lokal untuk berkembang di ekonomi digital. Hal tersebut menjadi kewajiban Lazada sebagai salah satu platform eCommerce di Indonesia untuk bisa menjadi katalis bagi setiap brand lokal Indonesia untuk berkembang.
“Kami akan terus berupaya menghadirkan berbagai program dan inisiatif yang bertujuan meningkatkan daya saing di industri ekonomi digital. Adorable Projects menjadi salah satu bukti nyata bagaimana brand lokal memiliki potensi besar untuk bisa tumbuh di ranah digital bahkan telah bergabung ke dalam kanal LazMall di Lazada yang tidak hanya diisi brand besar nasional tapi juga intenasional,” kata Fitri.
Program Coaching Clinic di Lazada, lanjut dia, menawarkan konsultasi privat untuk membedah dan menganalisis kebutuhan toko dengan praktisi yang sudah sukses berjualan di platform eCommerce, khususnya Lazada. Sesi konsultasi kemudian diikuti dengan membuat action plan untuk mencapai tujuan yang telah disepakati dan meningkatkan kualitas toko, serta pemantauan performa toko selama satu bulan.
Selain itu, para penjual didorong untuk aktif dalam komunitas Lazada Club yang beranggotakan penjual-penjual Lazada di kotanya. Harapannya, penjual yang mendapatkan konsultasi ini bisa termotivasi dan terus menajamkan strategi bisnisnya.
“Lazada juga mendedikasikan Seller Center dengan berbagai data dan wawasan yang bisa digunakan brand dan penjual di Lazada sebagai referensi dalam membuat strategi bisnis. Bagaimana kinerja di toko penjual, produk apa yang harus ditambah stoknya di toko penjual karena banyak penggemarnya, produk apa yang sedang digemari perempuan muda di Indonesia, atau bahkan kemeja warna apa yang banyak dicari dan dibeli anak muda termasuk di antara informasi yang bisa disarikan dari berbagai data di Seller Center Lazada,” Fitri menegaskan.
(Ageng)