spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Spesifikasi Samsung Galaxy Watch 3 Lengkap

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Samsung galaxy watch 3 telah resmi dirilis. Smartwatch ini diklaim 15 persen lebih ringan, 14 persen lebih tipis, 8 persen lebih kecil jika dibandingkan versi terdahulunya.

    Layar galaxy watch 3 juga diklaim lebih luas. Stap atau tali jamnya juga punya berbagai pilihan yakni stainles steel, kulit, dan versi titanium.

    Disegi warna, Samsung sediakan berbagai pilihan yang ciamik bagi pria dan wanita. Di versi 45 mm yang lebih besar, tersedia warna Mystic Black dan Mystic Silver.

    Sedangkan untuk ukuran 41 mm yang lebih kecil dan imut bagi wanita, tersedia warna Mystic Bronze dan Mystic Silver.

    BACA JUGA: Realme 7 dan 7i akan Hadir di Indonesia, ini Spesifikasi dan Harganya

    Keduanya model tersebut dilengkapi layar OLED warna penuh yang dibalut dengan Gorilla Glass.

    Galaxy Watch 3
    Samsung Galaxy Watch 3. (web)

    Sebelumnya, Samsung merilis GearFit yang digunakan bagi fitness tracker.

    Namun, Head of Product Marketing IT and Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant mengatakan lini produk yang dibanderol sekitar Rp600 ribu hingga 1,7 juta itu saat ini telah berhenti dipasarkan.

    “Memang bentuknya bukan jam, tapi fitnes tracker,” kata dia dalam konferensi pers di Jakarta pekan lalu (10/9), seperti dilansir CNN.

    Cara Penggunaan dan Desain Galaxy Watch 3

    Galaxy Watch 3
    Samsung Galaxy Watch 3. (web)

    Galaxy Watch 3 dibekali memori internal 8GB dan RAM 1 GB. Dimana penggunanya bisa menyimpan banyak musik di smartwatch ini.

    Dengan demikian, penggunanya bisa berolahraga sambil mendengarkan musik dari jam ini tanpa harus membawa ponsel.

    Fitur musik bisa terhubung dengan fitur bluetooth ke earphone dari jam ini.

    Tak hanya itu, ada juga fitur GPS, smart reply hingga Find my phone. Dengan menggunakan GPS, penggunanya dapat merekam rute ketika jam digunakan berlari di luar ruangan.

    Namun, dengan tambahan memori internal serta fitur-fitur tersebut jadi menambah bobot dan dimensi jam ini.

    Meski smarthwatch ini lebih tipis dari penahulunya, tapi masih terlalu besar untuk tangan wanita yng mungil.

    Smartwatch ini juga dibekali fitur yang dapat yang dapat menampilkan riwayat obrolan sehingga saat beraktivitas penggunanya dapat dengan mudah mengikuti percakapan.

    Penggunanya pun bisa menggunakan layar sentuh dan bezel putar yang merupakan khas dari Galaxy Watch. Galaxy Watch 3 juga punya dua tombol di bagian kanan.

    Sayangnya ketika dicoba, navigasi jam tangan ini cukup rumit dengan bezel putar, banyak tombol dan layar sentuh sekaligus.

    Tetapi keuntungan lainnya, pengguna bisa mengakses fitur-fitur dengan lebih cepat lewat menyentuh layar ketimbang memutar bezelnya.

    Pengguna Galaxy Watch 3 menyediakan saran pesan balasan dan bisa membalas pesan yang masuk dengan emotikon di jam tangan ini.

    Penggunanya juga bisa mengangkat panggilan telepon dari smartwatch ini.

    Galaxy Watch 3 diklaim disertai sertifikasi IP68 yang berarti jam ini tahan air. Smartwatch ini bisa dibenamkan hingga 1,5 meter hingga 30 menit. tetapi tidak disarankan digunakan di pantai.

    Spesifikasi Galaxy Watch 3

    Galaxy Watch 3

    Warna                Stainless Steel: Mystic Bronze, Mystic Black, Mystic Silve. Titanium:                           Mystic Black

    Bahan                 Stainless Steel case dengan strap kulit premium, Titanium case                                 dengan strap metal

    Dimensi & Berat   45mm: 45 x 46,2 x 11,1 mm, 53,8g (Stainless Steel) / 43g                                       (Titanium),41mm: 41 x 42,5 x 11,3 mm, 48,2g (Stainless Steel)                              *diukur tanpa strap

    Layar                   45mm: 1,4″ (34mm) / 41mm: 1,2″ (30mm), 360 x 360 Super                                   AMOLED, Full Color Always On Display, Corning® Gorilla® Glass                               DX

    Baterai                 45mm: 340mAh / 41mm: 247mAh WPC-based wireless charging                               

    AP                       Exynos 9110 Dual core 1.15 GHz

    OS                       Tizen Based Wearable OS 5.5

    Memori                1GB RAM + 8GB internal storage

    Konektivitas          Bluetooth v5.0, Wi-Fi b/g/n, NFC, GPS/Glonass/Beidou/Galileo

    Durabilitas            5ATM + IP68 / MIL-STD-810G

    Kompatibilitas        Android: Android 5.0↑, RAM 1.5GB↑ / iOS: iPhone 5↑, iOS 9.0↑

    Fitur kebugaran Galaxy Watch 3

    Galaxy Watch 3
    Samsung Galaxy Watch 3. (web)

    Smartwatch ini bisa memantau kadar oksigen darah (SpO2 dan VO2 Max). Namun, fitur untuk mengukur tekanan darah belum tersedia di jam tangan ini.

    Saat ini, Fitur Blood oxygen (SpO2) memang sudah banyak disematkan pada berbagai merk smartwatch. Fitur ini digunakan untuk mengukur kadar oksigen di darah. Nilai saturasinya antara 94 hingga 100.

    Bila angka saturasinya kurang dari 90, maka Anda harus segera menghubungi dokter.

    Galaxy Watch 3 juga dilengkapi fitur Running analysis yang bisa menganalisa saat penggunanya berlari. Analisa tersebut memberikan feedback secara real-time selama penggunanya berlari.

    Bahkan fitur Running analysis bisa melaporkan enam faktor pasca olahraga, antara lain meningkatkan performa, memperbaiki postur, mengurangi cedera dan kemajuan cardio sepanjang sesi olahraga.

    Ada juga fitur VO2max yang bisa mengukur konsumsi oksigen saat berolahraga. VO2 max dapat mengukur berapa mililiter oksigen yang dihirup pengguna dalam satu menit, dibagi dengan kilogram berat badan (mL/kg/min).

    Asupan oksigen penting diketahui jika pengguna ingin meningkatkan ketahanan saat beraktivitas fisik. Semakin tinggi persentase VO2 Max seseorang, makin tinggi ketahanan fisiknya saat melakukan latihan berat.

    Misalnya, seorang atlet akan mengonsumsi lebih banyak oksigen saat latihan fisik ketimbang mereka yang kurang melakukan latihan fisik.

    Jam ini juga dibekali beberapa fitur tambahan untuk mendukung kesehatan pengguna. Tombol bagian kanan atas jam ini bisa untuk mengukur elektrokardiografi (EKG).

    Ada juga fitur Fall Detection yang bisa mengirimkan SOS ke kontak darurat ketika pengguna terjatuh.

    Galaxy Watch 3 juga juga bisa memantau tidur dan siklus Rapid Eye Movement (REM). Bahkan, Samsung bekerjasama dengan National Sleep Foundation adar bisa memberikan tips tidur bagi penggunanya.

    Galaxy Watch3 45mm di Indonesia dibanderol dengan harga Rp6.299.000. Sedangkan Galaxy Watch3 41mm seharga Rp5.999.000. Untuk Galaxy Watch Titanium dilego Rp8.499.000.

    (Agung)

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img