spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    Pj Bupati Garut Hadiri Peluncuran INA Digital di Istana Negara

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Pj Bupati Garut Jawa Barat (Jabar), Barnas Adjidin menghadiri acara peluncuran GovTech Indonesia (INA Digital) sekaligus penyerahan Digital Government Award SPBE Summit 2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/5/2024).

    Kegiatan tersebut dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju dan kepala daerah.

    BACA JUGA:

    Sekda Jabar Ajak Perguruan Tinggi Ciptakan Sistem Berbasis AI

    Presiden Jokowi menekankan, kehadiran birokrasi seharusnya melayani. Bukan malah mempersulit hingga memperlambat urusan masyarakat.

    Ia menilai, yang menjadi tolak ukur dalam pelayanan publik itu adalah kepuasan, manfaat dan kemudahan masyarakat.

    Oleh karena itu, presiden menginstruksikan mulai tahun 2024 baik instansi pusat dan daerah agar berhenti membuat aplikasi ataupun platform baru.

    Hingga saat ini terdapat sekitar 27 ribu aplikasi milik kementerian/lembaga hingga Pemerintah Daerah (Pemda) yang berjalan sendiri-sendiri dan tidak terintegrasi sama sekali.

    Presiden RI berharap, agar GovTech yang diluncurkan bisa terus menguat. Di mana dalam satu portal terdapat berbagai pelayanan. Seperti layanan pendidikan, kesehatan, izin usaha, perpajakan dan lainnya.

    BACA JUGA:

    Ini Pesan Putri Indonesia 2024, Harashta Haifa Zahra untuk Perempuan Garut

    “Satu portal terintegerasi, yang kita namakan INA Digital,” harapnya.

    Jokowi berpesan, setiap kementerian/lembaga dan Pemda harus bersama melakukan integrasi. Pun dalam hal yang bersamaan harus meninggalkan egosentris dan mindset- mindset lama.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img