spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    30 Panwascam Dilantik, Bawaslu Kota Tasikmalaya Siap Awasi Tahapan Pilkada

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Sebanyak 30 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se- Kota Tasikmalaya dilantik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, di Kota Tasikmalaya, Jumat (24/5/2024). 

    Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tasikmalaya Zaki Pratama Sauri mengatakan, proses tahapan Pilkada Kota Tasikmalaya saat ini sudah mulai berjalan sehingga perlu dilakukan pengawasan agar tahapan-tahapan ini berjalan sesuai aturan dan ketentuan. 

    “Mereka yang sudah dilantik ini, sudah harus siap melakukan tugas dan fungsinya, harus mulai melakukan pemetaan dan mendeteksi titik-titik kerawanan Pilkada di wilayah kecamatan agar, mampu diantisipasi,” kata Zaki. 

    BACA JUGA: Isak Tangis Iringi Keberangkatan Pj Wali Kota Tasikmalaya

    Ia menjelaskan, pelantikan Panwascam ini diibaratkan sebuah mesin mulai dipanaskan artinya, Bawaslu sudah mulai memanaskan mesin Pengawasan untuk mengawasi setiap proses Pilkada Kota Tasikmalaya mendatang. 

    “Kita sudah memanaskan mesin Pengawasan agar saat melakukan pengawasan Pemilu nanti, larinya lurus dan kencang, tidak bisa dikendalikan siapapun,” ujarnya. 

    Zaki menambahkan, dalam setiap Pemilu, sudah barang tentu akan ada kerawanan pelanggan namun, hal itu dapat diantisipasi dengan melakukan pengawasan dengan melakukan deteksi dini. 

    “Saya minta teman-teman Panwascam yang hari ini dilantik agar melakukan pengawasan dengan profesional, bersikap independen, serta menjunjung tinggi integritas sebagai penyelenggara dan pengawas pemilu,” katanya.

    Lebih lanjut Zaki mengungkapkan, tingkat kerawanan pemilu serentak februari lalu dan Pilkada Kota Tasikmalaya November mendatang, tentu memiliki tingkat kerawanan pelanggan berbeda sehingga perlu dilakukan pemetaan dan identifikasi sebagai bentuk pencegahan awal. 

    “Pada pemilu serentak lalu, tingkat kerumitannya memang banyak pasalnya, banyak unsur yang kita awasi karena pesertanya cukup banyak, sementara kalau di Pilkada nanti kerumitannya tidak begitu banyak, namun di Pilkada tingkat pelanggarannya itu bisa lebih tinggi,” kata dia.

    BACA JUGA: Asep Sukmana Jadi Plh Wali Kota Tasikmalaya

    “Pilkada Kota Tasikmalaya nanti, fokus utama pengawasan kami yakni netralitas ASN, TNI/Polri, money politik termasuk black campaign,” ujar dia. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img