spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    HUT ke-446, Sumedang Diharapkan Kembali Jadi Paradijs Van Java

    SUMEDANG,FOKUSJabar.id: Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin berharap Kabupaten Sumedang bisa kembali menjadi ‘Paradijs van Java’ atau surga dari Jawa yang dulu sempat melekat pada daerah ini.

    “Selamat Ulang Tahun yang ke-446 untuk Kabupaten Sumedang. Semoga dalam perjalanan ke depan, semangat kebersamaan dan kerja keras kita dapat membawa Sumedang kembali menjadi ‘Paradijs van Java,” ucap Bey saat HUT ke – 446 Kabupaten Sumedang, Senin (22/4/2024).

    Bukti yang menggambarkan bahwa Sumedang seperti surga terdapat dalam sebuah buku berjudul ‘Het Paradijs van Java’. Penulisnya merupakan sosok ternama asal Belanda bernama Wijnand Kerkhoff.

    Buku tersebut, merupakan satu-satunya tulisan yang memberikan gambaran bagaimana sesungguhnya potensi wisata ekologi dan budaya Kabupaten Sumedang di masa lalu.

    Bey mengatakan, julukan Paradijs van Java sebenarnya masih relevan disandang Sumedang. Menurutnya Kabupaten yang terbentuk pada 22 April 1578 kaya sumber alam yang indah. Kemudian juga warna budaya yang kental ditengah era modern saat ini.

    “Saya yakin dengan sinergi dari semua pihak Sumedang bisa Sumedang akan menjadi daerah terbaik dengan julukan Paradijs van Java-nya,” ujarnya.

    Pemda Provinsi Jabar, kata Bey, akan terus mendukung kemajuan Sumedang. Berbagai program pembangunan di Kabupaten Sumedang akan terus berjalan, Seperti peningkatan infrastruktur, kualitas pendidikan dan kesehatan, serta pengembangan ekonomi kerakyatan.

    “Pemerintah Provinsi Jawa Barat tentu akan terus berkomitmen untuk mendukung kemajuan Kabupaten Sumedang,” katanya.

    Rapat paripurna istimewa ini merupakan puncak peringatan Hari Jadi ke – 446 Kabupaten Sumedang. Setelah berbagai penyelenggaraan rangkaian acara sejak beberapa hari lalu. 

    Peringatan hari jadi tahun ini mengusung tema _’Sabilulungan Rempug Jukung Sauyunan dina Ngawujudkeun Sumedang Beyond Sehati.

    “Semoga tidak hanya sekadar menjadi slogan. Tetapi juga menjadi pijakan bagi setiap mengambil langkah untuk membangun Sumedang yang lebih baik,” kata Bey.

    (Budiana Martin/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img