spot_img
Selasa 28 Mei 2024
spot_img
More

    Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya Masih Jadi Destinasi Favorit Masyarakat

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Objek Wisata Gunung Galunggung Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat (Jabar), masih menjadi pilihan favorit masyarakat dari berbagai daerah untuk dikunjungi pada libur lebaran 2024 ini.

    Destinasi wisata yang berada di Desa Linggajati Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya ini, memiliki berbagai wahana wisata dengan latar belakang pegunungan dengan hamparan pemandangan alam yang indah dan mempesona, menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

    Dengan fasilitas parkir yang luas dan wahana kolam renang serta pemandian air panas yang airnya langsung dari kawah gunung Galunggung termasuk ada kawah Galunggungnya, menjadi serbuan para wisatawan saat libur lebaran 1445 hijriah sekarang.

    BACA JUGA: Aduan Masyarakat via Sapawarga Dituntaskan Pemprov Jabar

    Alhasil, libur lebaran kali ini, jumlah kunjungan wisatawan ke Gunung Galunggung Tasikmalaya yang dikelola Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tasikmalaya ini, mengalami peningkatan sampai 30 Persen dari hari-hari biasa.

    Dihubungi, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tasikmalaya Dodi Ajat Sudrajat mengungkapkan, animo masyarakat untuk berkunjung ke objek wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya saat libur lebaran kali ini cukup tinggi.

    “wisatawan yang datang ke Galunggung ini sangat tinggi, ada wisatawan lokal, dan tidak sedikit dari wisatawan luar Tasikmalaya seperti dari Jakarta, Bandung, Cirebon, Garut, dan bahkan dari Jawa Tengah dan Sumatera,”ungkap Dodi Ajat Sudrajat Minggu (14/04/24) sore tadi. 

    Ia menjelaskan, kalau dibanding libur lebaran tahun lalu, jumlah kunjungan wisatawan lebaran tahun 2024 per harinya, mengalami peningkatan sampai 30 persen.

    “Hari ini, H+5 lebaran, puncak libur lebaran, jumlah kunjungan ke Galunggung mencapai 3.500 wisatawan, ini jumlahnya naik signifikan dibanding lebaran tahun lalu, dan ini masih diprediksi terus berlanjut sampai esok hari,” ujarnya.

    Menurutnya, antusiasnya wisatawan ke objek wisata alam Gunung Galunggung ini, karena memiliki pemandangan alam luas yang sejuk dan indah nan memesona, termasuk dilengkapi berbagai wahana wisata dan pasar kuliner, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

    BACA JUGA: Ribuan Wisatawan Serbu Pantai Sindangkerta Tasikmalaya

    “Jam kunjungan ke wisata Galunggung khusus di hari libur lebaran kali ini, dari mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB, dan tarif tiket masuk tidak ada kenaikan selama idul fitri, masih tetap Rp 10.000,- per orang, parkir motor Rp 1.000,- dan mobil Rp 5.000,-, ini sesuai Perda No 1 tahun 2024,” katanya.

    Dodi juga menuturkan, dari sejumlah objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, setiap libur lebaran selalu ramai dikunjungi wisatawan, termasuk objek Gunung Galunggung, Karang Tawulan dan Pantai Wisata Sindangkerta selalu menjadi favorit dikunjungi wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img