spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Festival Mapag Ramadhan di Ciamis Digelar Jelang Bulan Puasa

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Jelang Bulan Suci Ramadhan Dinas Kebudayaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis akan menggelar sejumlah kegiatan budaya.

    Menurut Kepala Disbudpora Kabupaten Ciamis, Erwan Darmawan, lokasinya di situs situs karuhun Kerajaan Galuh.

    Erwan mengatakan, gelaran kegiatan budaya untuk memelihara tradisi menjelang Bulan Suci Ramadhan dan melestarikannya. Dengan begitu, tetap terpelihara dengan baik.

    BACA JUGA: Satlantas Polres Ciamis Gelar Razia Operasi Lodaya 2024

    “Kegiatan pertama berdasarkan agenda kami yaitu acara Misalin di Situs Prabu Digaluh Salawe Desa Cimaragas,” katanya, Senin (4/3/2024).

    Dalam acara ritual Misalin, masyarakat akan berkumpul di Makam yang berada di Situs Digaluh Salawe. Mereka melakukan doa bersama agar kehidupan kita penuh berkah karena diridhoi Allah SWT.

    “Misalin artinya, bersalin jiwa dari kotornya hati menuju ridho Illahi atau kebaikan,” ucapnya.

    Setelah melakukan doa bersama, masyarakat bersama para tokoh dan aparat pemerintahan berkumpul untuk silaturahmi dan saling memaafkan.

    BACA JUGA: Rumah Warga di Pamarican Tertimpa Pohon Tumbang

    “Sebelum Kita melaksanakan ibadah Puasa kan harus bersih dari kesalahan di masa lalu,” ucapnya.

    Erwan menerangkan, selanjutnya tanggal 4 Maret 2024 melaksanakan Ngikis di Situs Bojong Galuh Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing.

    “Kalau dalam Ngikis hikmah yang kita ambil adalah mengikis segala  keburukan untuk merubah dengan kebaikan. Di mana dalam acara itu simbolisnya mengganti pagar Pangcalikan dengan pagar  baru,” terangnya.

    Erwan menambahkan, selain itu ada acara Nyekar yang dilaksanakan di Situs Balanika Desa Bojongmengger Cijeungjing.

    “Pada saat bersamaan dengan agenda Ngikis di Situs Bojong Galuh Karangkamulyan juga di Situs Susuru Prabu Dimuntur Desa Kertabumi ada agenda Merlawu,” jelasnya.

    Kadis Pariwisata Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia menjelaskan, ritual Ngikis yang dilaksanakan di Situs Ciung Wanara Desa Karangkamulyan merupakan agenda rutin yang bisa mendatangkan pengunjung untuk berwisata.

    “Di Ciamis ini ada cara festival mapag Ramadhan. Hari ini acara Ngikis bertempat di Situs Ciung Wanara Bojong Galuh Karangkamulyan serta acara Merlawu di Desa Kertabumi,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img