spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Buka Musrenbang, Sekda Minta Dispusipda Kota Tasikmalaya Terus Bergerak Tingkatkan Literasi Masyarakat

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) sektoral, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat (Jabar) diminta mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan pengetahuan literasi.

    Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dichsan Hasannudin saat menghadiri sekaligus membuka Musrembang Sektoral Dispusipda Kota Tasikmalaya 2025, di Kampung Literasi Dan Sadar Tertib Arsip (Kalista), Perum Kota Baru Kec.Cibereum Kota Tasikmalaya Senin (26/02/24).

    BACA JUGA: Buka Musrenbang Dinas PUTR, Pj Wali Kota Tasikmalaya Minta Ini

    Musrenbang Dispusipda juga dihadiri langsung Sekretaris Dispusipda Provinsi Jawa Barat Andri Heryanto, para mitra kerja Dispusipda serta masyarakat luas.

    Sekda menjelaskan, Dispusipda memiliki peran penting dalam meningkatkan kecerdasan bangsa dan kesejahteraan umum melalui peningkatan literasi masyarakat.

    “Literasi ini merupakan masalah mendasar yang berdampak luas terhadap kemajuan dan perkembangan dalam sendi kehidupan masyarakat,”ungkap Ivan Dichsan.

    Menurutnya, rendahnya tingkat minat baca/literasi di masyarakat, akan berdampak rendahnya produktivitas bangsa.

    “Literasi rendah tentu berpengaruh terhadap rendahnya kecerdasan, pendapatan, kesejahteraan serta kemiskinan dan kesenjangan karenanya, kunci untuk mengatasi hal itu yakni meningkatkan gerakan literasi agar mampu berdaya saing,”paparnya.

    BACA JUGA: Musrenbang DPPKBP3A Kota Tasikmalaya, Fokus Bahas Percepatan Penurunan Kasus Stunting

    “Bagaimana meningkatkan kualitas SDM, menghadirkan generasi penerus yang berdaya saing tinggi, kualitas kesehatan dan daya beli keluarga, ini tentu harus didukung oleh pendidikan dan pengetahuan dengan gerakan literasi yang tinggi di masyarakat,”imbuhnya.

    Lebih lanjut Ivan Dichsan menambahkan, untuk menjadi pribadi yang maju, berpengetahuan dan berdaya saing tinggi harus diperoleh dari budaya literasi yakni banyak mempelajari dan membaca.

    “Kita dorong budaya literasi ini bukan hanya di masyarakat saja, tapi juga seluruh komponen masyarakat lainnya seperti di kalangan ASN, perbankan, pegawai swasta maupun BUMN agar bangsa kita semakin cerdas dan  berdaya saing tinggi,”harapnya.

    Sekda juga meminta Dispusipda Kota Tasikmalaya terus bergerak dalam mengedukasi masyarakat agar literasi di masyarakat semakin baik dan tinggi, dengan demikian kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat pun semakin meningkat.

    “Saya tentu mengapresiasi kepada para pejuang Kalista khususnya di Perum Kota Baru yang selama ini terus mengedukasi masyarakat, tidak pernah berhenti untuk mengembangkan literasi sehingga denyut literasi dapat terus hidup dan bertumbuh,”pungkasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img