spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Buka Musrenbang Dinas PUTR, Pj Wali Kota Tasikmalaya Minta Ini

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2025 lingkup Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota TasikmalayaJawa Barat (Jabar), merumuskan sejumlah program prioritas.

    Program prioritas tersebut untuk mendorong terwujudnya kinerja tematik Kota Tasikmalaya.

    Musrenbang digelar di Aula DPUTR, Komplek Balewiwitan, Jalan Noenoengsaputra Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, Kamis  (22/2/2024),

    Hadir pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah bersama Kepala Dinas PUTR, Hendra Budiman Raksanagara serta anggota DPRD, Enan Suherlan.

    BACA JUGA:

    Harga Beras Mahal, Pemkot Banjar Gelontorkan Beras SPHP ke Ritel Moder

    “Pembangunan infrastruktur yang selama ini dibangun Dinas PUTR itu memang penting. Tapi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) itu jauh lebih penting untuk keberlangsungan dan kebermanfaatan pembangunan,” ungkap Cheka Virgowansyah.

    Ia menjelaskan, kaitan dengan Indeks Kinerja Utama (IKU) Pemerintah Kota Tasikmalaya, seluruh OPD harus menyelaraskan program yang sudah direncanakan di tingkat Kota.

    “Saya minta seluruh OPD di Kota Tasikmalaya tak terkecuali Dinas PUTR, program yang direncanakan dan akan dikerjakan harus mampu mendukung program tematik tingkat. Yakni, kemiskinan, stunting, persampahan, pengangguran dan menjaga inflasi. Ini harus selaras dan disinergikan,” ujarnya.

    Cheka mengatakan, Dinas PUTR ini merupakan OPD yang memiliki peran penting dan strategis dalam menyelesaikan sejumlah permasalahan yang dihadapi Kota Tasikmalaya. Semisal, kemiskinan dan stunting.

    BACA JUGA:

    PJ Gubernur Jabar Apresiasi Kerja Kolektif Bupati dan Wali Kota saat Pemilu 2024

    “Saya ingin Dinas PUTR bisa selaras dan sinkron dalam menyelesaikan sejumlah persoalankemiskinan, stunting dan persampahan,” paparnya.

    “Memang Dinas PUTR tugasnya membangun infrastruktur dan gedung. Tapi diharapkan mendorong kebermanfaatannya dalam menyelesaikan kemiskinan, stunting maupun persampahan,” Cheka menambahkan.

    Kepala Dinas PUTR Kota Tasikmalaya, Hendra Budiman Raksanagara menjelaskan, target ke depan yakni mengoptimalkan dan meningkatkan indeks kemantapan sarana infrastruktur jalan dan bangunan gedung pemerintahan.

    “Tentu pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan maupun gedung fasilitas publik akan diprioritaskan untuk mendukung program tematik Pemerintah Kota Tasikmalaya. Ini sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pimpinan,” kata Hendra Budiman kepada FOKUSJabar.

    BACA JUGA:

    Kepala Desa di Pangandaran Diduga Terlibat Kasus Penipuan

    Ia menuturkan, arah kebijakan pembangunan infrastruktur ke depan disesuaikan dengan tematik kinerja tingkat Kota. Ykani, kemiskinan, stunting, inflasi dan persampahan.

    “Semua yang kita laksanakan nanti akan disesuaikan dengan program tematik yang sudah ditetapkan dan dilaksanakan Pemkot. Misalnya, perbaikan jalan-jalan produktif untuk akses peningkatan perekonomian masyarakat. Dengan begitu, kemiskinan menurun,” pungkasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img