spot_img
Senin 22 April 2024
spot_img
More

    Titik Banjir Berkurang, Ini Pesan Pj Wali Kota Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pj Wali Kota Bandung Jawa Barat (Jabar), Bambang Tirtoyuliono memastikan, banjir di sejumlah titik kawasan Paris van Java Jalan Sukajadi akibat hujan deras telah jauh berkurang.

    Saat ini, titik banjir di Kota Bandung sudah lebih sedikit. Dari 25 titik, kini tinggal menyisakan 12 lokasi yang masih ditangani oleh pemerintah.

    BACA JUGA:

    Pemkot Bandung Siapkan Skema Penataan PKL dan Parkir Liar

    “Kalau dilihat dari data dua tahun lalu. Data banjir kurang lebih ada 25 titik. Tetapi sekarang tinggal 12 titik. Yang agak sedikit parah itu ada di lima titik, dan sudah kita lakukan upaya-upaya,” kata Bambang Tirtoyuliono, Selasa (9/1/2024).

    Menurut Pj Wali Kota Bandung, banjir di Kota Bandung tidak mungkin terelakan. Hal tersebut karena kondisi geografis. Di mana Paris van Java berada pada posisi paling rendah dari pada daerah lain.

    Kendati demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus melakukan berbagai macam upaya dalam menanggulangi persoalan banjir. Di antaranya dengan membangun kolam retensi.

    BACA JUGA:

    2024, Podomoro Park Gas Shophouse La Plaza di Bansel

    “Lalu kita membuat penampung-penampungan air berlebih, dan mendorong membangun sumur resapan dan biopori juga sumur imbuhan. Ini semua untuk mengurangi adanya volume air berlebih di permukaan, supaya bisa masuk ke dalam tanah,” katanya.

    Bambang menambahkan, pihaknya juga turut menyentuh tali-tali air yang bermasalah serta secara massif mengangkat sedimentasi di 23 anak sungai yang tersebar di Kota Bandung.

    “Kemudian upaya kongkrit lainnya, kita juga membangun kolam pompa seperti di kawasan Leuwi Panjang dan Pasir Koja. Kepada masyarakat, kita menitip pesan agar segera menginformasikan banjir yang tentunya nanti kita lakukan penanganan,” ucapnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img