spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Apa Arti ‘Jodoh Spek VOC’ yang Sedang Ramai Dibahas di Media Sosial?

    FOKUSJabar.id: Jodoh Spek VOC, dunia media sosial selalu menyuguhkan berbagai tren dan istilah yang kadang membuat kita penasaran.

    Salah satu istilah yang baru-baru ini menjadi viral dan memicu kebingungan adalah ‘jodoh spek VOC’. Apa sebenarnya makna dari istilah ini dan mengapa hal ini menjadi perbincangan hangat di platform sosial?

    Semuanya dimulai dari unggahan video di TikTok dan Twitter yang menampilkan seorang perempuan yang sedang makan bersama seorang pria berambut pirang.

    Ia menuliskan dalam keterangannya bahwa setelah bertahun-tahun merasa kesepian dan tidak menemukan pasangan, ternyata ‘jodohnya spek VOC’.

    VOC adalah singkatan dari Vereenigde Oostindische Compagnie, sebuah perusahaan dagang Belanda yang berkuasa di wilayah Nusantara pada abad ke-17.

    Sementara itu, ‘spek’ adalah singkatan dari spesifikasi. Namun, dalam konteks istilah ini, ‘spek’ mengacu pada ciri-ciri atau kualitas tertentu yang dimiliki oleh seseorang.

    Jadi, ‘jodoh spek VOC’ pada dasarnya mengacu pada jodoh dengan ciri-ciri atau kualitas bule, khususnya bule Belanda yang merujuk pada masa pemerintahan VOC.

    Artinya, seseorang yang menggambarkan jodohnya sebagai ‘jodoh spek VOC’ merujuk pada pasangan dengan karakteristik seperti bule Belanda.

    Baca Juga: Cara Menghilangkan Tampilan Saluran Chanel di WhatsApp

    Namun, wajar jika dunia media sosial tidak luput dari komentar-komentar kocak dari netizen. Beberapa dari mereka menghubungkan ‘spek VOC’ dengan rempah-rempah, yang merupakan komoditas utama yang diperdagangkan oleh VOC pada masa itu.

    Sehingga, muncul komentar-komentar seperti, “Pacaran sama mafia rempah?” atau “Pacaran tapi berasa dijajah?”. Ada pula yang memberi saran, “Jangan sampai rempah-rempahmu diambil mbak.” Semua itu mencerminkan kreativitas netizen dalam menginterpretasikan istilah yang tengah viral ini.

    Istilah ‘spek’ sendiri telah umum digunakan dalam berbagai konteks di luar dunia teknologi dan otomotif. Misalnya, ‘spek bidadari’ digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang sangat cantik, sementara ‘spek anime’ digunakan untuk menggambarkan ketampanan atau kecantikan yang melebihi batas kenyataan dan hanya ditemukan dalam animasi.

    Jadi, ‘jodoh spek VOC’ adalah contoh terbaru dari cara media sosial dan netizen menciptakan istilah dan makna baru yang menghibur dan mengundang tawa. Selama istilah ini disampaikan dengan bahasa yang sopan dan tanpa bermaksud merendahkan, ia dapat menjadi bagian dari budaya pop internet yang unik dan menghibur.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img