spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Masalah Hydran, Perumda Tirtawening Kota Bandung Minta Diskar PB Komunikasi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dirut Perumda Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi buka suara, terkait persoalan hydrant yang dibutuhkan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB).

    Sonny Salimi mengatakan, sejumlah hydrant di Kota Bandung memang tidak dalam kondisi ideal. Faktor utama, adalah ketersediaan air baku yang belum merata di beberapa wilayah penempatan hydrant.

    BACA JUGA: Bey Macmudin Targetkan Pendapatan Daerah Jabar Meningkat

    “Ini harus dipahami oleh teman-teman di Diskar PB, bahwa hydrant harus ditempatkan pada posisi yang ada airnya, dan tentu memiliki tekanan. Sementara  kapasitas produksi air baku di kita belum besar,” kata Sonny di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Jabar Selasa (12/9/2023).

    Menurutnya, ketersediaan air baku yang dikelola Perumda Tirtawening Kota Bandung baru sebatas untuk melayani kebutuhan masyarakat. Hal itu pun, terkadang dihadapkan berbagai persoalan.

    Sehingga kata Sonny, adalah hal mustahil untuk menambah hydrant-hydrant baru di sejumlah titik. Karena hydrant yang ada saat ini pun, tidak dapat berfungsi secara optimal saat diperlukan.

    BACA JUGA: DSDABM Kota Bandung: Akses Jalan Menuju TPS Sementera di Kawasan Stadion GBLA Baru Mencapai 50 Persen

    “Ya itu tadi, kapasitas produksi air baku di kita ini kan belum besar. Sementara jumlah air yang dibutuhkan penduduk banyak. Maka sebagian besar, pipa ini tidak memiliki tekanan yang cukup. Bahkan tidak seluruh pipa dialiri air selama 24 jam,” ucapnya.

    Namun begitu, pihaknya siap membantu Diskar PB saat membutuhkan air dalam jumlah besar ketika terjadi peristiwa kebakaran. Perumda Tirtawening Kota Bandung, dipastikan terjun ke lapangan jika memang dibutuhkan.

    “Teman-teman dari Diskar PB tinggal telepon saja ke kita. Kita akan bantu dengan menghadirkan truk-truk tangki. Nanti truk tangki kita hadir untuk mensuplai kebutuhan air, dan kita nanti yang akan bolak balik cari airnya. Jadi coba komunikasikan ke kita,”ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img