spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    DSDABM Kota Bandung: Akses Jalan Menuju TPS Sementera di Kawasan Stadion GBLA Baru Mencapai 50 Persen

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung tengah mengenjot pembukaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sementara di kawasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) tepatnya di Jalan Pendamping Tol (Arah Babakan Sayang) Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage kota Bandung.

    Hal itu dilakukan sebagai upaya penangulangan sampah sampah yang tertahan akibat terbatasnya tonase kiriman sampah ke TPA Sarimukti.

    BACA JUGA: Harga Beras Naik, Disaat Harga Telur dan Daging Ayam Mulai Turun

    Sekretaris DSDABM Kota Bandung Setiadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah menggarap pembukaan akses masuk dan keluar TPA Darurat Gedebage.

    “DSDABM bertugas mempersiapkan sarana prasarananya, sekarang di tahap pembukaan jalan, jalan masuk dan keluar. Untuk jalannya sudah 50 persen, kita usakan secepatnya (pengerjaannya),” kata Setiadi Senin (11/9/2023).

    Menurutnya, akses jalan tidak memerlukan lahan yang terlalu besar, mengingat luas lahan TPS sementara yang cukup terbatas.Nantinya, truk sampah yang hilir mudik hanyalah armada dengan ukuran kecil hingga sedang saja.

    BACA JUGA: SPBE 2023, Pemkot Bandung Optimis Bisa Raih Predikat Memuaskan

    “Sekarang kita prioritaskan armada skala kecil saja, tidak untuk yang besar dulu karena lahannya juga tidak besar,”ucapnya.

    Setiadi menyebut, bahwa DSDABM hanya bertanggung jawab untuk membuka akses jalan sedangkan sisanya kembali ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) selaku leading sector.

    Sementara itu, Kepala DLHK Kota Bandung Dudy Prayudi  tidak memberikan banyak komentar terkait jadwal pembukaan TPA Darurat.

    Pihaknya, hanya mengungkapkan saat ini tempat pembuangan sementara yang berlokasi tak jauh dari Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) tersebut masih dipersiapkan oleh DSDABM.

    “Belum (dibuka), saat ini masih dipersiapkan oleh DSDABM,”ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img