spot_img
Senin 2 Oktober 2023
spot_img
More

    Bawaslu Kota Tasikmalaya Gunakan Ilmu Laba-laba

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Untuk meminimalisir berbagai bentuk pelanggaran Pemilu 2024, Bawaslu Kota Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) memperkuat kelembagaan dengan menyusun langkah dan strategi pengawasan.

    Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya, Ijang Jamaludin mengatakan, strategi pengawasan Pemilu perlu dipahami agar dalam setiap melakukan pengawasan terarah dan tepat sasaran.

    BACA JUGA: Mobil Terbakar di SPBU Mangkubumi Kota Tasikmalaya

    “Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pengawas harus memiliki kemampuan dan strategi dalam melaksanakan pengawasan Pemilu. Dengan begitu, segala bentuk dan jenis pelanggaran yang mungkin terjadi mampu diminimalisir,” ungkap Ijang Jamaludin dalam Rakor Strategi Pengawasan di Hotel Harmoni Tasikmalaya, Jumat (2/6/2023).

    Ia menjelaskan, pelaksanaan Pemilu 2024 berbeda dengan Pemilu sebelumnya karena dipengaruhi berbagai regulasi yang terus berubah.

    Hal itu dapat memunculkan berbagai potensi pelanggaran maupun ekses lainnya.

    Foto web

    “Di Kota Tasikmalaya, kita mengindikasi potensi pelanggaran pada¬† Pemilu mendatang akan tinggi. Untuk itu, Kami harus meningkatkan kualitas pengawasan,” ungkapnya.

    Ia menambahkan, Bawaslu berkewajiban untuk menjaga proses Pemilu agar berjalan damai, jujur dan berintegritas.

    “Kita semua ingin pelaksanaan Pemilu sesuai harapan. Pemilu harus bergembira, menyejukkan dan berkualitas,” tutur Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya.

    BACA JUGA: Maskapai Citilink Segera Buka Rute Penerbangan Tasikmalaya -Jakarta

    Strategi dalam melakukan pengawasan menjadi hal terpenting dalam mewujudkan Pemilu yang damai dan berkualitas.

    “Perlu upaya dan strategi-strategi khusus dalam pengawasan proses Pemilu nanti,” ucap Ijang.

    “Tiga prioritas atau fokus Bawaslu Kota Tasikmalaya dalam melakukan pengawasan. Yakni, politik identitas, netralitas ASN dan penyelenggara Pemilu serta money politik. Ini yang menjadi sorotan kita dalam pengawasan nanti,” tegasnya.

    Ijang melanjutkan, untuk mengoptimalkan kinerja pengawasan, pihaknya akan membuat jejaring.

    “Kita nanti mengadopsi ilmu laba-laba yakni menyebar jejaring dan simpul-simpul di setiap kecamatan yang ada di wilayah Kota Tasikmalaya. Termasuk meluncurkan sistem aplikasi pelaporan dan penginformasian Bawaslu,” pungkas Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    spot_img

    Berita Terbaru

    spot_img