spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    2 Mantan Puteri Indonesia Dukung dan Berbagi Pengalaman bareng Salma Maulina Wijaya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Siap tampil di ajang Puteri Indonesia 2023, Salma Maulina Wijaya mendapatkan dukungan dan sharing pengalaman dari dua finalis sebelumnya. Keduanya yakni Ryan Putri Astrini sebagai mantan finalis Puteri Indonesia 2013 serta mantan finalis Puteri Indonesia 2018, Tria Devitasari.

    Pada edisi tahun 2013, Ryan Putri Astrini masuk dalam jajaran 10 besar serta tiga besar Puteri Berbakat. Sementara Tria Devitasari terpilih sebagai kontestan favorit berdasarkan voting di Instagram berdasarkan kepulauan sebagai Puteri Indonesia Jawa.

    “Sebelumnya, saya ucapkan selamat kepada Salma Maulina Wijaya yang sudah berhasil menjadi salah satu wakil Jabar di ajang Puteri Indonesia 2023. Hal utama yang harus dipersiapkan adalah mental karena akan berkompetisi dengan perempuan-perempuan terpilih dari seluruh Indonesia. Jadi harus siap tempur dan berjuang bawa nama Jabar,” kata Putri saat ditemui di salah satu hotel di Kota Bandung, Sabtu (29/4/2023) malam.

    Sebagai lulusan University of Leeds ditambah dengan banyaknya pengalaman organisasi, lanjut Putri, menjadi modal awal dan kelebihan yang dimiliki Salma Maulina Wijaya. Meski demikian, dia menegaskan terkait performa serta penampilan yang sempurna yang menjadi ciri khas dari ajang beauty pageant.

    “Harus on point, dari ujung rambut sama ujung kaki karena itu semua akan dinilai serta diperhatikan. Kemudian selalu berusaha menampilkan yang terbaik,” Putri menambahkan.

    Selain itu, Putri mengingatkan Salma untuk terus menjaga staminanya agar fit dan bugar. Termasuk dengan asupan-asupan nutrisi yang sehat dan bagus.

    “Pada masa karantina itu akan sangat banyak kegiatan dengan agenda yang padat sehingga butuh stamina yang fit agar semua materi-materi yang disampaikan bisa terserap dengan baik. Saya yakin Salma bisa menjalani semuanya karena dia suka olahraga sehingga sudah terlatih dan bagus,” kata dia.

    Putri menjelaskan, mengikuti kontes kecantikan Puteri Indonesia akan menjadi moment penting yang tidak bisa dilupakan. Terlepas dari hasil pemilihan pada malam grand final yang akan diselenggarakan pada 19 Mei 2023 di Jakarta Convention Center, Jakarta, nama Puteri Indonesia akan terus melekat dari setiap kontestan.

    “Sekali jadi Puteri Indonesia maka selamanya harus menginspirasi. Puteri Indonesia itu sudah jelas pakemnya yakni brain, beauty, and behaviour. Itu yg harus dipegang dan menjadi tanggungjawab yang harus diemban apalagi di era modern ini yang lebih sensitif dengan kemajuan teknologinya salah satunya media sosial. Bagaimana postingan-postingan kita di medsos, cara bertutur termasuk dari sisi pengetahuan,” Putri menegaskan.

    fokusjabar.id Puteri Indonesia Salma Maulina Wijaya
    Salma Maulina Wijaya diapit dua mantan finalis Puteri Indonesia, Ryan Putri Astrini (kanan) dan Tria Dewitasari (kiri) (2). (FOTO: Istimewa)

    Mantan finalis Puteri Indonesia 2018, Tria Devitasari pun berbagi pengalaman dan dukungan yang sama bagi Salma Maulina Wijaya untuk menampilkan yang terbaik di ajang kontes kecantikan bergengsi di Indonesia edisi ke-26 ini.

    “Kita siap selalu sharing pengalaman agar Salma lebih semangat. Jangan banyak pikiran, do the best,” kata Tria.

    Tria berpesan jika yang akan menjadi musuh utama bagi Salma adalah diri sendiri. Bukan kontestan lain perwakilan dari 34 provinsi.

    “Jadi bagaimana cara Salma nge-lead diri sendiri, karena yang jadi musuh utama adalah diri sendiri. Lebih tenang dan kalem sehingga bisa perform yang terbaik,” kata Tria.

    BACA JUGA: Anies Baswedan ke Garut, Ini Kata Sekum Kujang AHY

    Dukungan bagi Salma Maulina Wijaya pun disampaikan Yayasan Mojang Jajaka Jawa Barat. Melalui perwakilannya, Fajar Fahmi menuturkan jika Salma memiliki potensi diri dan peluang yang besar untuk menjadi yang terbaik di ajang Puteri Indonesia 2023.

    “Pesan saya yang utama, percaya pada diri sendiri. Salam harus lebih percaya diri dan fokus pada hal-hal yang penting. Salma tidak berjuang sendiri, banyak dukungan yang mengalir untuk dia, dari teman-teman mojang jajaka, keluarga, juga dari masyarakat Jabar,” kata Fajar.

    Salah satu dukungan yang diberikan Yayasan Mojang Jajaka Jabar yakni dengan menggelar sharing session bersama mojang Jabar, mantan finalis Puteri Indonesia asal Jabar, bersama dengan Salma Maulina Wijaya. Dalam sharing session tersebut, mereka saling berbagi pengalaman dan ide yang bisa menjadi bekal bagi Salma Maulina Wijaya untuk berkompetisi di Puteri Indonesia 2023.

    “Ini kaitannya dengan mempersiapkan ide baru untuk future tourism di Jabar sebagai masukan bagi pemangku kebijakan di Jabar. Dan bagi Salma, ini bisa mempertajam materi-materi dia terkait seni budaya dan kepariwisataan Jabar di ajang grand final Puteri Indonesia 2023 nanti,” kata Fajar.

    fokusjabar.id Puteri Indonesia Salma Maulina Wijaya
    Acara sharing session yang digelar Yayasan Mojang Jajaka Jabar bersama finalis Puteri Indonesia 2023, Salma Maulina Wijaya. (FOTO: Istimewa)

    Dukungan serupa disampaikan mojang Jabar 2022 asal Kota Cimahi, Az Zahra Siti Pathonah. Zahra memberi semangat bagi Salma Maulina Wijaya agar bisa membawa nama baik dan mengharumkan Jabar di ajang Puteri Indonesia 2023.

    “Semoga berhasil dan bawa nama baik Jabar. Karena kita sama orang Jabar, maka kita akan dukung. Dengan doa maupun vote, termasuk dengan berbagi pengalaman,” kata Zahra.

    Ajang Puteri Indonesia 2023 akan diikuti oleh 45 kontestan yang mewakili 34 provinsi di Indonesia. Tahapan pemilihan dimulai sejak awal Maret 2023 melalui audisi nasional yang meloloskan 17 finalis yang mewakili 12 provinsi di Indonesia di tahap pertama, kemudian 12 finalis di tahap kedua.

    Sebelumnya, telah dipilih 10 finalis dari kompetisi regional yang diadakan di provinsi masing-masing. Sedangkan enam kontestan berasal dari 34 kontestan per provinsi yang telah menyandang gelar favorit dan dipilih oleh penonton melalui pemungutan suara publik di situs resmi.

    Ke-45 kontestan Puteri Indonesia 2023 tersebut, telah menjalani masa pra-karantina pada 2-7 Mei 2023 lalu. Lalu dilanjutkan dengan masa karantina yang akan dimulai dari tanggal 8 hingga 18 Mei dan ditutup pada malam puncak grand final Puteri Indonesia 2023 yang akan diselenggarakan pada 19 Mei 2023 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img