spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    UPI Terima 3.374 Siswa Melalui Jalur SNBP 2023, Tempati Peringkat 3 se-Indonesia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 24.142 siswa melamar ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melalui jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) di tahun 2023. Jumlah tersebut menempatkan perguruan tinggi yang didirikan pada 20 Oktober 1954 di Bandung dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin ini di peringkat 4 dengan peminat terbanyak secara nasional.

    Selain itu, UPI meraih peringkat 3 terbanyak secara nasional di Indonesia yang menerima sebanyak 3.374 mahasiswa pada jalur SNBP 2023 dari 20 PTN terbanyak dari total siswa yang dinyatakan lulus SNBP 2023 di 137 PTN yang terdiri dari 76 PTN Akademik, 43 PTN Vokasi, 18 PTKIN se-Indonesia. UPI pun menempati peringkat 4 tertinggi secara nasional dengan 1037 peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) per PTN dari 20 terbanyak dari total peserta.

    “KIP-K adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah melalaui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan,” kata Kepala Humas UPI, Prof. Deni Darmawan melalui rilis yang diterima FOKUSJabar, Rabu (29/3/2023).

    Deni mengatakan, terdapat 3 Program Studi yang dengan peminat terbanyak dari 20 program studi dan memiliki tingkat keketatan tertingggi secara nasional di Indonesia. Ketiga program studi tersebut yaitu Program Studi Manajemen meraih peringkat 3 dengan tingkat keketatan 1,06 persen, lalu Program Studi Ilmu Komunikasi di peringkat 5 dengan tingkat keketatan 1,24 persen dan Program Studi Pendidikan Tata Boga yang menempati peringkat 14 dengan tingkat keketatan 1,43 persen.

    “Peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Jalur SNBP Tahun 2023, akan dinyatakan diterima di PTN tujuan dengan syarat telah memenuhi ketentuan, lolos verifikasi data akademik melalui rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/Surat Keterangan Tanda Lulus atau SKTL asli dan persyaratan lain, yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat Peserta SNBP diterima,” dia menjelaskan.

    BACA JUGA: Hadiri Pelantikan KONI Kota Bandung, Wali Kota: Harus Juara Umum Porprov XV Jabar

    Untuk peserta yang dinyatakan lulus SNBP 2023, lanjut dia, wajib melihat syarat, ketentuan dan jadwal registrasi (daftar ulang) melalui laman http://pmb.upi.edu/ serta laman http://app.pmb.upi.edu:8080/snbp/beranda. Sementara bagi peserta KIP Kuliah, harus lolos verifikasi data akademik dan verifikasi data ekonomi melalui dokumen dan/atau kunjungan ke alamat tinggal peserta.

    “Peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Jalur SNBP Tahun 2023 tidak dapat mendaftar jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Tahun 2023. Pengumuman resmi hasil SNBP dapat diakses pada 28 Maret 2023 mulai pukul 15.00 WIB melalui laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img