spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Hadiri Pelantikan KONI Kota Bandung, Wali Kota: Harus Juara Umum Porprov XV Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap kepengurusan KONI Kota Bandung masa bakti 2023-2027 bisa mengembalikan supremasi juara umum pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV Jawa Barat tahun 2026 di Kota Bogor. Hal tersebut disampaikan usai acara pelantikan kepengurusan KONI Kota Bandung masa bakti 2023-2027 di Pendopo, Jalan Dalem Kaum Kota Bandung, Rabu (29/3/2023).

    Yana mengatakan, Kota Bandung gagal menjadi juara umum pada tiga kali pelaksanaan multieven olahraga terakbar di Jabar, Porprov. Yakni pada Porprov XII Jabar tahun 2014 di Kabupaten Bekasi, lalu Porprov XIII Jabar tahun 2018 di Kabupaten Bogor, dan Porprov XIV Jabar tahun 2022 lalu.

    “Meski di porprov bukan juara, tapi Kota Bandung tetep membuktikan sebagai penyumbang atlet maupun medali terbanyak bagi kontingen Jabar di PON,” kata Yana.

    Untuk itu, Yana berharap pada pelaksanaan Porprov XV Jabar tahun 2026 mendatang di Kota Bogor bisa lebih baik. Prestasi menjadi tujuan utama dari pelaksanaan porprov, bukan prestise tuan rumah.

    “Jika sportivitas dan prestasi yang utama, maka siapapun tuan rumahnya saya yakin kota bandung tetep juaranya. Karena itu saya titip ke pengurus KONI Kota Bandung yang baru ini, lebih baik dalam melakukan pembinaan keolahragaan dan meraih gelar juara umum di Porprov XV Jabar tahun 2026 mendatang. Harus juara umum,” Yana menegaskan.

    BACA JUGA: Eks Ketua Komisi Yudisial Dibacok di Bojongsoang Bandung

    fokusjabar.id koni kota bandung pelantikan
    (FOTO: Ageng)

    Terkait hal tersebut, Ketua Umum KONI Kota Bandung 2023-2027, Nuryadi mengatakan akan selalu konsisten mendukung visi misi Kota Bandung melalui bidang olahraga. Termasuk dalam pencapaian prestasi puncak pembinaan olahraga amatir di Kota Bandung pada Porprov XV Jabar tahun 2026 mendatang di Kota Bogor.

    “Keinginan menjadi juara umum porprov tidak hanya Kota Bandung, tapi hampir semua kota dan kabupaten di Jabar. Kita akan berupaya ke arah sana yakni meraih juara umum,” kata Nuryadi.

    Dari beberapa kali pelaksanaan porprov, lanjut dia, pihaknya sudah melakukan beberapa evaluasi. Salah satunya peningkatan raihan medali dari sekitar 10 kota/kabupaten di Jabar saat dan usai menjadi tuan rumah porprov yang mencapai 500 persen.

    “Seperti pada gelaran Porprov XIV Jabar kemarin, ada peningkatan raihan medali kota/kabupaten yang menjadi tuan rumah hingga lima kali lipat. Ini yang jadi perhatian kami, karena bagaimanapun tuan rumah itu pasti akan diuntungkan,” Nuryadi menjelaskan.

    Evaluasi lain yang dilakukan pihaknya, kata Nuryadi, terkait pencapaian prestasi setiap cabang olahraga saat pelaksanaan Porprov XIV Jabar. Dirinya melihat, beberapa cabang olahraga gagal untuk mencapai target raihan medali yang sudah ditetapkan.

    “Untuk 2026, kita akan fokus pada cabang olahraga yang memiliki banyak nomor pertandingan serta nomor-nomor perorangan meski tidak mengesampingkan nomor-nomor beregu yang selama ini sudah menjadi anadlan Kota Bandung,” kata dia.

    Untuk mencapai target tersebut, Nuryadi mengaku sudah menyiapkan berbagai program di 10 bidang yang terdapat di kepengurusan KONI Kota Bandung masa bakti 2023-2027. Para periode keduanya tersebut, Nuryadi akan tetap memfokuskan pada pemasalan atlet melalui pembinaan di klub.

    “Salah satunya melalui kompetisi Wali Kota Cup yang menjadi aspek pemanduan bakat. Kita targetkan sebanyak 40 cabang olahraga bisa menggelar wali kota cup di tahun ini dan diharapkan bisa melahirkan atlet potensial baru untuk Poprov XV Jabar tahun 2026 di Kota Bogor. Ini tidak bisa kita pungkiri, kompetisi Wali Kota Cup ini sudah mampu menghasilkan atket-atlet potensial baru bagi Kota Bandung, Jabar, bahkan Indonesia,” Nuryadi menuturkan.

    Selain pelaksanaan Wali Kota Cup, lanjut Nuryadi, beberapa program terdekat akan dilakukan KONI Kota Bandung. Yakni mendukung persiapan atlet asal Kota Bandung yang akan berjuang membela panji Jabar di babak kualifikasi PON XXI serta atlet asal Kota Bandung yang akan berjuang di SEA Games 2023 di Kamboja.

    “Kami akan selalu mendukung persiapan Jabar menuju PON XXI tahun 2024 untuk mencapai target Bandung Juara dan Jabar Hattrick Juara. Lalu di Mei 2023 ada SEA Games di Kamboja dan kami menunggu keputusan KONI Pusat terkait komposisi atlet serta kami yakin atlet kota bandung yang tergabung akan memberikan performa terbaiknya,” kata Nuryadi.

    fokusjabar.id koni kota bandung pelantikan
    (FOTO: Ageng)

    Sementara Ketua KONI Jabar, M. Budiana berharap Kota Bandung terus memberikan dukungan penuh bagi atletnya mencetak prestasi maksimal. Baik di ajang PON maupun even internasional lain.

    “Di SEA Games 2023 nanti, pasti ada atlet asal Kota Bandung yang masuk dalam kontingen Indonesia, termasuk untuk PON XXI. Kami sangat berharap Kota Bandung memiliki semangat bersama untuk mencapai prestasi tertinggi di PON maupun SEA Games,” kata Budiana usai melantik secara langsung kepengurusan KONI Kota Bandung masa bakti 2023-2027.

    Terkait pelaksanaan porprov, Budiana menegaskan akan menegakkan segala hal sesuai dengan aturan. Untuk itu, pihaknya mengajak semua kota/kabupaten mengejar prestasi bukan hanya prestise.

    “Saya yakin Kota Bandung masih jadi yang terbaik dalam pembinaan olahraga amatir. Untuk itu, mari kita bersama-sama berjuang untuk mencapai prestasi lebih tinggi untuk mendukung peningkatan prestasi olahraga Indonesia,” kata Budiana.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img