spot_img
Minggu 21 April 2024
spot_img
More

    Syabda Perkasa Belawa Tutup Usia, PBSI Jabar: Kami Sangat Kehilangan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jawa Barat menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya salah satu atlet andalan Indonesia dan Jabar, Syabda Perkasa Belawa. Atlet kelahiran 25 Agustus 2001 tutup usia usai mengalami kecelakaan bersama sang ibu saat akan menghadiri pemakaman neneknya di Desa Sumberejo, Sragen.

    “Kami atas nama keluarga besar PBSI Jabar menyampaikan rasa duka yang sangat mendalam atas meninggalnya seorang atlet muda berbakat Indonesia asal Jawa Barat, Syabda Perkasa Belawa,” kata Ketua Harian Pengprov PBSI Jabar, Gianto Hartono saat ditemui di Gedung KONI Jabar, Selasa (21/3/2023).

    Gianto mengatakan, Syabda Perkasa Belawa merupakan atlet hebat dengan segudang prestasi. Pada PON XX tahun 2021 di Papua, Syabda meraih medali perak dari nomor tunggal putra setelah dikalahkan sesama atlet Jabar, Panji Ahmad Maulana.

    “Dia juga masuk dalam komposisi tim Indonesia pada Thomas Cup 2022, di tiga seri BWF International Challenge, dan meraih berbagai prestasi di ajang internasional. Kami sangat kehilangan dia,” kata Gianto.

    BACA JUGA: Disambut Isak Tangis, Jenazah Syabda Perkasa Belawa Tiba di Sragen

    Seperti diketahui, Syabda meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas pada Senin (20/3/2023) sekitar pukul 03:40 WIB di Jalan Tol Pemalang–Batang KM. 315. Saat itu, Syabda melakukan perjalanan dari rumahnya di Kota Bekasi untuk melayat neneknya di Kabupaten Sragen bersama orang tua dan saudara-saudaranya. Selain Syabda, sang ibu pun meninggal dunia dalam kecelakaan mobil tersebut, sedangkan ayah dan saudara-saudaranya selamat.

    Sepanjang karir profesionalnya, Syabda memiliki tiga gelar di BWF International Chalengge. Yakni juara Lithuania Internasional 2022, Malaysia International 2022, serta Iran Fajr International 2023.

    Pada saat tergabung ke dalam skuad Piala Thomas 2022, Syabda menjadi pahlawan Indonesia saat turun di laga kelima kontra Korea Selatan di matchday pamungkas Grup A Piala Thomas 2022. Saat itu skor sama kuat 2-2, dan Syabda memastikan kemenangan Indonesia 3-2 usai menumbangkan wakil Korea Selatan Lee Yun-gyu dengan skor 21-14, 11-21 dan 21-16.

    Namun pada gelaran tahun 2022 tersebut, Indonesia gagal finish sebagai juara. Tim Thomas Indonesia harus puas sebagai runner-up usai kalah 0-3 dari India di partai puncak.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img