spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Pekan Raya Banjar 2023 Picu Pemulihan Ekonomi

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota Banjar menggelarkan Pekan Raya Banjar 2023 di Taman Kota Lapang Bhakti, Kota Banjar Jawa Barat, Sabtu (26/2/2023). Hal itu dilakukan sebagai upaya pemulihan ekonomi di wilayah.

    Festival Seni Budaya yang dibuka Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana itu buah sinergi CV Buana Cipta Promosindo dalam rangkaian hari jadi ke 20 Kota Banjar dan mendongkrak roda perekonomian masyarakat.

    Banjar
    Kemeriahan masyarakat di event Pekan Raya Banjar 2023

    Nana berharap kegiatan ini bisa mendatangkan keuntungan bersama antara pemerintah dan masyarakat, sehingga bisa berkesinambungan.

    “Jika sudah begitu, ekonomi akan menggeliat, UMKM berjalan baik dan masyarakat akan sejahtera. Kegiatan ini adalah strategi memulihkan perekonomian Banjar,” kata Nana.

    Dia berharap hasilnya nanti benar-benar mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Terlebih, saat Banjar mem-branding diri sebagai kota event, maka otomatis akan menjadi ikon yang dikenal banyak orang, termasuk luar Kota Banjar.

    BACA JUGA: Pemkot Banjar Distribusikan SPPT PBB

    “Mudah mudahan branding Banjar ini muncul kepermukaan,” kata dia.

    Hal senada disampaikan Owner Buana Cipta Promosindo Agus Chandra. Dia menyebut kegiatan tersebut sebagai upaya sinergi pemerintah guna peningkatan ekonomi kerakyatan.

    “Pekan Raya Banjar 2023 ini menyediakan 250 stand, 200 di antaranya untuk berjualan dan 50 stand lainnya untuk UMKM binaan DISKUKMP Kota Banjar, 70 stand binaan Paguyuban Pasar Malam Indonesian, dan sisanya otomotif, furniture dan proferti. Jika satu stand menghasilkan Rp1 juta per hari, maka perputaran bisa 200 juta per hari,” kata Agus.

    Berkaca dari pengalaman sebelumnya, pihaknya menargetkan Rp5,5 milyar selama Pekan Raya Banjar 2023 berlangsung. Terlebih banyak peserta dari luar Kota Banjar yang menginap di hotel. Sehingga perputaran uang sudah terlihat.

    banjar
    Suasana Taman Lapang Bhakti Kota Banjar saat pembukaan Pekan Raya Banjar

    Dalam event ini pun disediakan stand khusus Pemerintah Kota Banjar untuk mensosialisaskan program pemerintah kepada masyarakat, baik yang sudah berjalan maupun yang direncanakan. Pihaknya memberikan kesempatan kepada pihak lainnya seperti perbankan untuk ikut serta meramaikan dan mempromosikan produk mereka.

    Agus optimistis kegiatan ini akan mendongkrak perekonomian di Kota Banjar, terlebih dengan antusias warga yang luar biasa. Menurut dia, pengunjung Pekan Raya Banjar tidak kurang dari 5 ribu orang per hari, atau bisa 75 ribu pengunjung hingga akhir event.

    (ADV)

    Berita Terbaru

    spot_img