spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Batu Kuda Manglayang, Wisata Alam Hits Bandung Timur

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Batu Kuda Manglayang merupakan destinasi liburan hits Bandung Timur dengan pesona alam yang asri dan udaranya segar.

    Destinasi alami ini dapat menjadi alternatif buat kamu yang penat dengan rutinitas sehari-hari. 

    BACA JUGA:

    Tips Presentasi Kelompok Yang Menarik dan Efektif

    Sebelum pergi ke wisata alam Batu Kuda Manglayang, ada beberapa hal yang harus diketahui.

       – Lokasi

    Wisata alam Batu Kuda berada di kaki Gunung Manglayang. Tepatnya di Kampung Cikoneng Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupatem Bandung Jawa Barat (Jabar).

    “Lebih cocok naik motor atau pakai kendaraan pribadi. Pasalnya, kalau naik kendaraan umum tidak sampai ke tempat,” kata salah satu pengunjung wisata alam Batu Kuda Manglayang, Farsya. 

    Kini, wisata alam ini tidak hanya menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Bandung Timur. Pasalnya sudah mulai populer di kalangan masyarakat.

    Wisata alam tersebut dilindungi pemerintah karena menjadi cagar budaya berdasarkan UU No11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

       – Fasilitas dan Daya Tarik

    Wisata alam ini terdiri dari area perbukitan yang rindang oleh pepohonan pinus, menarik dijadikan spot foto pre-wedding dan foto biasa bersama teman maupun keluarga.

    Selain itu, yang tak kalah menarik di tempat ini yaitu dermaga batu kuda atau menara pandang karena dari sana dapat terlihat pesona Bandung dari ketinggian.

    BACA JUGA:

    Harus Tau! Tips Thrifting di Pasar Cimol Gedebage Bandung

    Nilai sejarah tempat ini terletak pada situs batu kuda, bentuknya agak menyerupai kuda dan dipercaya sebagai peninggalan sejarah pra-Islam yang dikaitkan dengan mistis.

    “Katanya peninggalan agama sebelum Islam, banyak cerita mistisnya juga, jadi ada kuda yang ditunggangi Prabu sama istrinya,” ujar Farsya.

    batu kuda manglayang fokusjabar,id
    Wisata alam Batu Kuda Manglayang

    Selain itu, Wisata Batu Kuda Manglayang juga memiliki fasilitas lain, di antaranya; area parkir, toilet, dan beberapa warung yang menjual makanan berat dan ringan.

    Adapun aktivitas lainnya, selain berfoto-foto, biasanya ada yang sengaja ngopi, quality time bersama keluarga, olahraga, hammoking, hiking, hingga camping ground.

       – Tiket dan Jam Operasional

    Nah, jika berencana mengunjunginya, tempat ini buka setiap hari, yaitu pukul 08.00-18.00 WIB dan tiket masuknya pun cukup terjangkau, seharga 10-15 ribu saja.

    Itulah beberapa informasi tentang Wisata Batu Kuda Manglayang, Bandung Timur yang semakin hits dari masa ke masa.

    (Gita Yulia/Anthik)

    Berita Terbaru

    spot_img