spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Acne Fighter! Ini Tips Mengatasi Acne Shaming

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Acne atau jerawat merupakan suatu penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea. Ditandai dengan adanya komedo, papul, kista, pustul dan lain-lain yang lebih identik menyerang wajah.

    Jika kondisinya lebih parah sering disebut break out atupun jerawatan.

    Jerawatan tidak hanya dipicu oleh kebiasaan atau pola hidup yang tidak sehat seperti tidak membersihkan wajah, memencet jerawat maupun yang lainnya.

    Jerawat juga bisa muncul karena hormon. Salah satunya terlalu  overthinking terhadap sesuatu hingga depresi.

    Tapi, selain dapat disebabkan oleh depresi, ternyata jerawat juga dapat menyebabkan depresi. Kenapa bisa seperti itu,? karena orang dengan jerawat yang banyak kerap kali mendapatkan acne shaming.

    Apa itu acne shaming dan bagaimana cara mengatasinya:?

    Acne shaming adalah kondisi jerawat di wajah yang menyebabkan orang-orang memberikan komentar kurang menyenangkan.

    Akibatnya, rasa percaya diri pemilik jerawat pun menurun. Bahkan dapat memicu depresi.

    Acne Fighter pastinya pernah merasakan, segala bentuk acne shaming yang kerap kali diberikan oleh orang-orang di lingkungan sekitarnya atau mungkin orang orang terdekat sekalipun.

    BACA JUGA:

    Taxi Driver 2 Segara Tayang, Catat Tanggalnya!

    Dimulai dari dianggap terlalu banyak memendam amarah, dianggap sangat jelek, tidak menjaga kebersihan atau tidak rajin membersihkan wajah hingga direkomendasikan berbagai produk skincare untuk mengatasi jerawat.

    Berikut ini tips agar acne fighter dapat konsisten dan percaya diri di tengah pergunjingan seperti itu.

    1. Konsultasikan ke Dokter Spesialis Kecantikan

    Mengkonsultasikan masalah jerawat kepada dokter kecantikan memungkinkan masalah jerawatmu dapat terminimalisir karena dapat terfokus dengan skincare jerawat sesuai resep dokter spesialis kecantikan atau mungkin disuruh beristirahat sementara dari skincare.

    1. Bersikap Bodo Amat

    Selama telah mengusahakan hidup bersih untuk menghilangkan jerawatmu, kamu berhak berprinsip untuk bodo amat terhadap perkataan orang lain untuk menenangkan pikiranmu.

    Selain itu, perlu diingat kalau standar kecantikan dan ketampanan itu relatif dan tidak diukur oleh kulit yang mulus dan halus, daya tarik manusia juga tidak diukur oleh keadaan fisik saja sehingga tidak ada salahnya untuk tetap percaya diri dan menebarkan positif vibes.

    BACA JUGA:

    Wibu Harus Tahu! Inilah 5 Film Anime Terbaru 2023

    1. Konsisten Dengan Perilaku Sehat

    Mengenai perilaku sehat, Biasanya orang berjerawat dianggap tidak membersihkan wajah sehingga banyak orang yang menyuruhnya membersihkan wajah, ingat bahwa membersihkan wajah juga harus teratur dan sesuai kebutuhan.

    Menurut berbagai sumber kesehatan kulit, membersihkan wajah terlalu sering bahkan dapat memicu wajah kering dan memperparah kondisi jerawat.

    1. Konsisten Dengan Skincare

    Perlu diingat, skincare memang sifatnya cocok-cocokan karena setiap manusia memiliki karakter kulit masing-masing dan skincare yang dibutuhkan pun terkadang berbeda-beda tergantung jenis dan kebutuhan kulit wajah.

    Ada saatnya bertahan dengan produk skincare tertentu bahkan ketika jerawat semakin parah sekalipun, karena menandakan kondisi breakout sementara. Tetapi ada saatnya juga beralih ke produk yang lain namun dengan jeda waktu yang cukup. Pastinya, kamu dituntut untuk lebih sabar dan lebih mencari tahu tentang spesifik kulitmu.

    1. Menjauh Dari Lingkungan Toxic

    Ini dapat menjadi langkah utama untuk menenangkan pikiranmu, menjauh dari lingkungan toxic yang rentan acne shaming, atau bahkan orang-orang yang tidak menerima dirimu apa adanya, jika belum bisa bersikap bodo amat.

    Itulah beberapa cara untuk mengatasi acne shaming yang dapat dipraktikan oleh acne fighter. Tetap sabar dan selamat mencoba.

    (Gita Yulia/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img