spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Tekan Harga Beras, Pemkot Bandung Gelar Operasi Pasar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Bulog Kota Bandung dan Bank Indonesia menggelar operasi pasar untuk beras medium di Kantor Bulog, Jalan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung Jabar Selasa (14/2/2023).

    Pada operasi pasar kali ini, beras medium dijual dengan harga Rp8.500 per kilogram atau Rp42.500 per satu kemasan 5 kilogram. Harga ini berada di bawah harga eceran di pasar, yakni Rp9.450 per kilogram.

    Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan bahwa harga kebutuhan pokok ini harganya harus terus distabilkan, karena berpengaruh terhadap inflasi.

    beras
    Pemkot Bandung bersama Bulog dan Bank Indonesia gelar operasi pasar murah beras medium (Yusuf)

    “Kami berharap ini bisa membantu masyarakat menjelang Ramadhan dan Idulfitri. Karena beras merupakan kebutuhan pokok,” kata Yana.

    Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, selain operasi pasar, Pemkot Bandung pun telah meluncurkan Beras Medium Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) kepada para pedagang di pasar. Total sudah 750 ton Beras Medium SPHP disalurkan untuk menekan kenaikan harga beras di Kota Bandung.

    “Untuk stok beras aman, tetapi untuk harga kita tidak bisa pungkiri memang ada kenaikan,” kata Elly.

    Elly menyebut, sebanyak 29 kecamatan berikutnya yang akan menggelar operasi pasar beras medium akan diumumkan secara berkala.

    “Hari Kamis mendatang akan diselenggarakan di Kecamatan Cibiru dan Ujungberung,” kata dia.

    Salah seorang warga Kecamatan Rancasari Nolda (43) menyambut positif operasi pasar yang digelar. Terlebih beras yang dibelinya cukup terjangkau dan cukup untuk kebutuhan makan lima orang di rumahnya. Pihaknya sangat terbantu dengan program tersebut.

    “Kami berharap ini bisa terus ada, karena bermanfaat untuk masyarakat,” kata Nolda.

    Untuk diketahui, ebanyak 600 ribu kilogram beras didistribusikan dalam operasi pasar bersama Bulog dan Bank Indonesia ini. Keseluruhan beras ini dibagi untuk 30 kecamatan, sehingga setiap kecamatan mendapatkan jatah 20 ribu kilogram. Adapun ketentuan operasi pasar ini, para pembeli wajib membawa KTP Kota Bandung. Sedangkan pembeliannya dibatasi maksimal 2 kemasan atau setara 10 kilogram beras.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img