spot_img
Senin 24 Juni 2024
spot_img
More

    Film Titanic Remastered Tayang Kembali! Ini 6 Fakta Uniknya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Titanic remastered merupakan salah satu film legendaris karya James Cameron produksi Cameron dan Jon Landau. Serta Rae Sanchini sebagai produser eksekutif. Film ini tayang perdana di Indonesia pada 1998.

    Para bintang film Titanic ini di antaranya; Kate Winslet (Rose DeWitt Bukater), Leonardo DiCaprio (Jack Dawson), Billy Zane (Caledon Hockley), dan Frances Fisher (Ruth DeWitt Bukater).

    Selain itu, ada Gloria Stuart (Rose Dawson Calvert), Bill Paxton (Brock Lovett). Suzy Amis (Lizzy Calvert). Danny Nucci (Fabrizio), David Warner (Spicer Lovejoy), Jason Barry (Tommy Ryan).

    Film Titanic bergenre romantis yakni menceritakan kisah cinta antara Jack dan Rose di balik tenggelamnya kapal RMS Titanic, kini filmnya kembali tayang di bioskop. Tentunya, hal ini menjadi kabar bahagia untuk para penggemar.

    Ternyata, hadirnya kembali film tersebut di layar lebar memiliki banyak fakta unik yang jarang diketahui. 

    Fakta-fakta Film Titanic Remastered

    1. Tayang Kembali Pada 10 Februari 2023

    Pemutaran ulang film legendaris ini dalam rangka memperingati ulang tahun film tersebut ke-25 tahun. Jadwal pemutaran pada 10 Februari 2023 dengan alasan pemilihan tanggal tersebut berdekatan dengan hari Valentine, yaitu 14 Februari. 

    2. Remastered, Versi 3D 4K HDR

    Kabar bahagia lainnya, Pemutaran ulang film fenomenal ini versi remastered, yaitu perubahan kualitas suara atau gambar, atau keduanya, dari rekaman yang dibuat sebelumnya. Baik audiophonic, cinematic, atau videographic. Tampil dengan format 3D 4K HDR dengan frame rate lebih tinggi. 

    3. Masuk Berbagai Nominasi Penghargaan

    Bukti kesuksesan film Titanic ini dapat kita lihat melalui berbagai raihan nominasi penghargaan serta apresiasi penonton. Di antara seni yang paling menonjol dalam film tersebut adalah efek visual, penampilan para pemainnya, sinematografi, hingga penampilan kedalaman emosional. 

    Melansir dari sukabumiupdate.com, Merujuk IMDb, tercatat 126 penghargaan, termasuk meraih 11 Piala Oscar oleh Film Titanic. Tak hanya itu, film ini juga masuk dalam 83 nominasi di berbagai ajang penghargaan.

    Baca Juga: Megan, Film yang Wajib Kamu Tonton!

    4. Biaya Produksi Film Termahal Pada Masanya

    Dari berbagai sumber, Film Titanic menghabiskan biaya produksi yang perkiraannya mencapai 180-200 juta USD 200 juta atau sekitar Rp2,7- 3 triliun. Syuting “Titanic” juga membutuhkan pembangunan studio senilai USD 20 juta atau sekitar Rp309 miliar di Meksiko. 

    Selain itu, rekonstruksi kapal karam dengan tinggi kira-kira 236 meter, dan pembuatan efek khusus yang sangat teliti selama setahun. Tentunya hal tersebut mengeluarkan biaya produksi yang luar biasa pada zamannya.

    5. Perpaduan Karakter Fiksi dan Nyata

    James Cameron sebagai sutradara, ternyata membuat karakter fiksi di dalam film ini, yaitu Jack, Rose DeWitt, Cal, Ruth DeWitt (Ibu Rose), Rose Dawson, Brock Lovett, Lizzy Calvert, Fabrizio De Rossi, Spicer Lovejoy dan Tommy.

    Namun, tentunya tanpa menghilangkan karakter sejarah yaitu; Margaret Brown, Thomas Andrew, Captain Edward John Smith, Joseph Bruce Ismay. Colonel John Jacob Astor IV, Colonel John Jacob Astor IV, 

    Benjamin Guggenheim, Wallace Hartley, First Officer William Murdoch dan masih banyak karakter sejarah yang lainnya.

    6. Raih Pendapatan Tertinggi 

    Titanic menjadi salah satu film dengan kesuksesan terbesar dalam sejarah box office. karena berhasil meraup pendapatan sekitar USD 600,7 juta (sekitar Rp9,2 triliun) dalam perilisannya di tahun 1997. Kemudian pada rilis berikutnya, Titanic berhasil meraup USD 659 juta (sekitar Rp10,1 triliun). Tentunya, hal tersebut masuk kategori pendapatan terbesar pada zamannya.

    Demikian beberapa fakta unik di balik film Titanic remastered yang tayang kembali pada 10 Februari 2023. Selamat menonton! 

    (Gita Yulia/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img