spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Turki Diguncang Gempa Dahsyat, 284 Orang Tewas

    TURKI,FOKUSJabar.id: Sedikitnya 284 orang meninggal dan 2.323 orang lainnya dilaporkan terluka akibat gempa berkekuatan 7,8 M di Turki.

    “Sebanyak 1.710 bangunan juga runtuh akibat gempa ini,” kata Wakil Presiden Turki, Fuat Oktay, Senin (6/2/2023).

    Oktay mengatakan, Bandara Hatay saat ini ditutup untuk penerbangan sipil, begitu juga dengan bandara di Kahramanmaras dan Gaziantep.

    Turki juga kini telah mengeluarkan peringatan level 4 yang berarti mencakup seruan untuk bantuan internasional.

    BACA JUGA: 6 Rekomendasi Web Series Indonesia Terbaru, Wajib Ditonton!

    Gempa ini mengguncang Turki sekitar pukul 4.17 pagi tadi, waktu setempat. Pusat gempa dilaporkan berada di Distrik Pazarcik, Kahramanmaras dan terdeteksi terjadi pada kedalaman 7 kilometer.

    Provinsi Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Osmaniye, Hatay, dan Kilis merupakan wilayah yang terdampak cukup parah akibat gempa tersebut.

    “Presiden Erdogan telah memantau terus sejak terjadinya gempa,” ucap Oktay, melansir IDN.

    Hingga saat ini dipastikan tidak ada WNI yang menjadi korban tewas gempa tersebut, tapi ada tiga WNI yang terluka. Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal mengatakan, banyak WNI yang harus meninggalkan tempat tinggalnya karena rusak akibat gempa.

    “Sejumlah WNI di Kahramanmaras harus meninggalkan apartemen karena mengalami kerusakan parah. KBRI Ankara sedang mengupayakan rumah penampungan sementara sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat,” ucap Iqbal lagi.

    Iqbal menegaskan, KBRI Ankara akan terus berkoordinasi dengan otoritas lokal, Satgas Perlindungan WNI serta masyarakat Indonesia di wilayah terdampak.

    (Dist)

    Berita Terbaru

    spot_img