spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Calon Kuat Ketum Jujitsu Jabar, Agus Vickram Siap Optimalkan Potensi Atlet

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Agus Vickram bertekad mengoptimalkan potensi atlet Jujitsu yang dimiliki Jawa Barat untuk mencapai prestasi di level nasional dan internasional. Ketua Kontingen Jujitsu Jabar pada PON XX ini merupakan kandidat kuat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Jujitsu Indonesia (JI) Jawa Barat masa bakti 2023-2027.

    “Jabar memiliki potensi atlet Jujitsu yang berlimpah. Saya melihat, selama ini belum teroptimalkan dengan baik padahal potensinya sangat besar untuk mencetak prestasi di level nasional atau bahkan internasional,” kata Kang Agus (sapaan akrab Agus Vickram) saat ditemui di Bandung, Jumat (27/1/2023).

    Untuk itu, Ketua Umum BPD Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Jabar ini memberanikan diri untuk maju mencalonkan sebagai kandidat Ketua Umum PB JI Jabar masa bakti 2023-2027 dan mendapat banyak dukungan dari pengcab JI kota/kabupaten maupun perguruan Jujitsu di Jabar. Kepengurusan PB JI Jabar masa bakti 2018-2023 yang dipimpin H. Mulyana sendiri akan berakhir pada bulan Februari 2023 dan pelaksanaan musyawarah olahraga provinsi (musorprov) direncanakan digelar di awal Februari 2023.

    Keberadaan perguruan Jujitsu di Jabar yang cukup banyak, lanjut dia, melahirkan banyak atlet-atlet potensial. Namun, dia menilai jika potensi atlet yang ‘dilahirkan’ perguruan maupun pengcab-pengcab JI kota/kabupaten di Jabar belum mampu dioptimalkan sepenuhnya oleh kepengurusan PB JI Jabar saat ini.

    “Jabar ini memiliki sekitar 9 perguruan Jujitsu, ditambah dengan pengcab-pengcab. Mereka telah mampu melakukan pembinaan dan melahirkan atlet-atlet potensial, namun sayangnya sangat minim mendapatkan kesempatan menunjukkan kemampuan mereka dalam sebuah kompetisi baik di tingkat daerah, nasional, atau bahkan internasional,” kata dia.

    BACA JUGA: Dukung Ridwan Kamil Jadi Cawapres, Uu Ruzhanul Ulum Siap Gantikan Kepemimpinan di Jabar

    fokusjabar.id Jujitsu Jabar
    Agus Vickram saat mendampingi atlet Jujitsu Jabar pada saat PON XX tahun 2021 di Papua. (FOTO: Istimewa)

    Jika dipercaya mengembah amanah memimpin PB JI Jabar masa bakti 2023-2027, Kang Agus bertekad mengoptimalkan potensi atlet tersebut. Dengan demikian, atlet bisa menunjukkan serta meningkatkan performanya dan mencetak prestasi maksimal hingga level internasional.

    “Saya ingin menjadikan PB JI ini sebagai rumah besar bagi semua masyarakat Jujitsu di Jabar, tidak hanya segelintir pengcab atau perguruan saja,” kata dia.

    Selain dari sisi prestasi, kata Kang Agus, atlet harus diberikan kesempatan mendapatkan pendidikan sebagai bekal untuk masa depannya usai menyelesaikan ‘tuigas’nya sebagai seorang atlet. Selain memiliki prestasi, atlet-atlet Jujitsu Jabar kedepan harus juga mempunyai jiwa enterpreuneurship sebagai bekal di masa depan.

    “Saya akan berupaya agar para atlet yang sudah mencetak prestasi ini mendapat kesempatan pendidikan atas support dari pengusaha-pengusaha di Jabar sehingga memiliki jiwa enterpreneurship. Apalagi di KADIN Jabar saat ini ada Komtap Bidang Olahraga dan Industri Olahraga sehingga sangat terbuka bagi atlet yang berprestasi menjadi pengusaha di bidang keolahragaan,” kata Kang Agus yang juga masuk dalam jajaran pengurus KADIN Jabar.

    Upaya lain untuk mendukung optimasilasi potensi atlet tersebut, lanjut dia, yakni dengan membenahi tata kelola organisasi di tubuh PB JI Jabar. Diantaranya dengan mengembangkan dan mengoptimalkan peran dari semua pengcab JI kota/kabupaten maupun perguruan-perguruan Jujitsu di Jabar.

    “Dengan organisasi yang sehat, saya yakin akan berpengaruh pada peningkatan prestasi Jujitsu. Tidak hanya di level nasional atau PON tapi juga internasional, karena Jabar punya potensi besar ke arah sana. Intinya, atletnya berprestasi dan pengcab-pengcab serta perguruan pun ikut tumbuh dan besar,” Kang Agus menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img