spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    DPR: Jokowi Tidak Bisa Dimakzulkan karena Perppu Cipta Kerja

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Wakil Ketua DPR RI Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bisa dimakzulkan lantaran menerbitkan Perppu Cipta Kerja.

    Dasco menjelaskan Perppu Cipta Kerja yang diterbitkan Jokowi itu telah memenuhi peraturan perundang-undangan dalam menerbitkan Perppu.

    “Jadi Perppu itu ada aturannya, bahwa kemudian presiden bisa menerbitkan Perppu itu kan bukan hanya Pak Jokowi. Presiden sebelumnya ada yurispudensinya menentukan Perppu,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (5/1/2023).

    BACA JUGA: Ratusan Polisi Jaga Rumah Ferdy Sambo Jelang Kunjungan Hakim-Jaksa

    Dasco juga menegaskan, bahwa Jokowi tidak bisa dimakzulkan hanya karena menerbitkan Perppu Cipta Kerja.

    “Saya pikir tidak ada alasan untuk memakzulkan presiden dengan Perppu. Kalau ada yang sebelumnya (presiden menerbitkan Perppu) juga pasti ada alasan,” ujarnya, melansir IDN.

    Ketua Harian DPP Gerindra ini juga menyebut, bahwa DPR RI hingga saat ini belum melakukan pembahasan mengenai Perppu Cipta Kerja karena masih dalam masa reses.

    Namun, dia mengatakan pembahasan akan segera dimulai ketika masa persidangan minggu depan.

    “Jadi nanti ada mekanismenya, nanti kita bahas dengan komisi terkait serta tentunya akan kita tentukan dengan mekanisme yang ada di DPR,” ucap dia.

    Dalam pembahasan Perppu Cipta Kerja, Dasco mengaku akan menyoroti mengenai substansi pembuatan Perppu tersebut.

    Dia tak bicara banyak mengenai pro dan kontra penerbitan Perppu ini.

    “Oleh karena itu nanti yang perlu lihat DPR adalah substansi perppu tersebut nanti akan kita bahas di masa sidang pekan depan,” tuturnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img