spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    5 Tips Menjadi Ibu Bahagia, agar Bisa Besarkan Anak Tanpa Depresi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menjadi seorang ibu bahagia menjadi impian sebagian besar perempuan. Namun, menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah. Kebahagiaan dianugerahi anak yang lucu dan menggemaskan tentu saja juga ada banyak pengorbanan.

    Tidak sedikit ibu yang stress dan merasa tertekan. Hal ini mungkin wajar terjadi.

    Agar gampang depresi saat membesarkan anak, ada beberapa tips yang bisa membantu para ibu untuk melewati hari dengan bahagia.

    Berikut lima tips menjadi ibu bahagia:

    1. Berhenti mendengarkan komentar buruk dari orang lain

    Kita sadari begitu banyak orang yang siap memberikan komentar negatif soal cara kita membesarkan anak. Akan ada berbagai kesalahan yang jadi fokus utama mereka.

    Bahkan, sejak melahirkan pun kita akan menerima pertanyaan bernada cukup menyakitkan seperti lahiran normal atau operasi, memberi anak minum ASI atau susu formula dan ini akan terus berlanjut hingga ke berbagai hal lainnya.

    Berhenti mempedulikan komentar negatif yang datang. Ingatlah bahwa kita adalah ibu dari anak dan pasti menginginkan yang terbaik untuknya. Gak ada ibu yang sempurna tapi anda adalah ibu yang tepat untuknya.

    BACA JUGA: 5 Tips Menghadapi Sidang Skripsi

    2. Jangan segan untuk minta tolong kepada orang lain ketika membutuhkan bantuan

    Sebagai seorang ibu anda juga tetaplah manusia biasa. Ada kala tidak bisa melakukan beberapa hal yang biasanya bisa dilakukan sendiri. Meminta tolong kepada orang lain bukanlah hal yang terlarang, Justru ini sangat perlu dilakukan agar tidak mudah stress.

    Memaksakan diri untuk melakukan semuanya sendirian, seperti memasak sambil menggendong anak, atau mencuci pakaian sambil menyuapi anak makan, itu tentu susah untuk dilakukan. Mintalah bantuan tanpa merasa tidak enak hati. Anda juga sebenarnya berhak untuk tidakterlalu capek.

    3. Niatkan semuanya untuk dan karena cinta

    Mengurus anak tidak cuma menguras tenaga tapi juga emosi. Selalu tingkah anak setiap hari yang bisa membuat harus mengelus dada dan menguji kesabaran tingkat tinggi. Namun, anda harus mengubah niat yang ada di hati.

    Jangan pernah menganggap merawat dan membesarkannya sebagai sebuah kewajiban, tapi tanamkan dalam hatimu bahwa itu adalah sebuah bentuk cinta. Sebab jika itu kewajiban kita pasti akan meminta hak suatu saat nanti, sementara jika itu cinta akan memberi tanpa mengharap menerima apapun.

    4. Sering berkomunikasi dengan pasangan

    Meskipun sudah menjadi ibu, anda tidak boleh lupa bahwa anda juga masih seorang istri. Seorang wanita yang butuh tempat bersandar. Ada kala seorang wanita terkadang juga ingin bermanja dan merasa cinta. Jadi tetaplah jalin komunikasi yang lancar dengan suami.

    Luangkan waktu berkualitas berdua, baik saat anak sedang tidur ataupun berada ke rumah kakek neneknya. Anda mungkin sering lupa bahwa juga butuh cinta, agar bisa mencurahkan rasa cinta pada anak dengan lebih dalam lagi.

    5. Jangan lupa me-time

    Pastinya, untuk bisa membesarkan anak yang bahagia, anda juga perlu menjadi ibu yang bahagia. Untuk bisa mencintai anak dengan sempurna dan sepenuhnya, kita juga tetap perlu mengutamakan dan mencintai diri sendiri sepenuh hati. Tetaplah meluangkan waktu untuk me-time agar rasa cinta diri tetap bisa terjaga.

    Titip anak untuk sementara pada suami atau orangtua, lalu pergi keluar sendirian. anda akan kembali menemukan dirimu yang telah hilang sejak punya anak. Begitu pulang ke rumah, kamu akan bisa merawat anak dan menjalani rutinitas dengan hati yang bahagia.

    Berat sekali tugas seorang ibu. tidak ada yang bisa menceritakan dan menggambarkan betapa besar pengorbanannya. Itulah kenapa seorang ibu perlu bahagia.

    Lakukan lima hal di atas maka tugas kita membesarkan dan merawat anak bisa terasa lebih ringan dan mampu dijalani dengan penuh cinta.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img