spot_img
Minggu 14 April 2024
spot_img
More

    5 Tips Menghadapi Sidang Skripsi

    FOKUSJabar.id: Sidang skripsi tentu saja menjadi salah satu syarat kelulusan mahasiswa tingkat akhir. Pasalnya sidang ini menjadi penentu akhir apakah selama kuliah, apakah  ia layak untuk lulus dan menyandang gelar sarjana atau tidak.

    Jika sebelumnya pada saat dua tahun terakhir pandemi Covid-19 sidang skripsi secara online dan masih ada sedikit ketenangan dalam menjalaninya. Namun saat ini aktivitas-aktivitas akademik seperti sidang sudah mulai secara offline.

    Kamu tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa tips dalam menghadapi sidang akhir terutama sidang akhir yang dilaksanakan secara offline.

    Baca Juga: 4 Tips Presentasi Sidang Skripsi Ala Dosen Unpad

    5 Tips Menghadapi Sidang Skripsi

    1. Mengenal Sifat dan Karakteristik dari Dosen Penguji

    Mengenal dosen penguji tentunya adalah cara pertama agar kamu bisa membayangkan harus berinteraksi seperti apa untuk menghadapi dosen penguji. Ada berbagai cara agar kamu mengetahui sifat dan karakteristik dosen. 

    Dengan bertanya kepada teman yang mungkin mengenal dosen tersebut ataupun bertanya kepada kakak tingkat di kampus kamu.

    2. Memahami Materi dan Latihan Presentasi

    Tips selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah pahami materi dari skripsi kamu. Dengan memahami materi tentu saja sidang akan berlangsung dengan lancar. 

    karena kamu mengerti apa yang akan kamu sampaikan dan menjawab pertanyaan para penguji.

    Kemudian juga melatih presentasi juga menjadi nilai tambah untuk kamu agar terbiasa dengan materi yang akan kamu sampaikan. Latihan ini agar kamu tidak merasa ragu-ragu dan terbata-bata pada saat menyampaikannya.

    3. Tampil dengan Sopan dan Percaya Diri

    Tips selanjutnya perhatikan cara berpakaian, gunakanlah pakaian yang sopan agar kesan pertama dari dosen penguji positif, tambahkan sedikit sapa dan senyum.

    Setelah tampil dengan sopan kamu juga harus percaya diri karena kunci kelancaran ada pada dirimu. Pada saat percaya diri hal tersebut akan membantu kamu dalam melakukan presentasi.

    4. Menjawab Pertanyaan Dosen dan Jangan Memotong Pembicaraan

    Tips selanjutnya dalam sidang akhir skripsi adalah jawablah pertanyaan dosen dengan percaya diri dan yakin. Hindari dalam memotong pembicaraan dari dosen penguji dan harus mendengarkannya secara seksama.

    Baca Juga: Cobain Fitur Rahasia Google Yang Jarang Orang Tahu

    5. Jangan Lupa Berdoa

    Tips terakhir dalam menjalani sidang akhir skripsi adalah dengan berdoa. Berdoa kepada apa yang kamu percayai dan meminta restu dari orang tua atau orang yang kamu kasihi.

    (Edi/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img