spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    4 Tips Presentasi Sidang Skripsi Ala Dosen Unpad

    Fokusjabar.id: Bagi mahasiswa sidang skripsi adalah saat yang paling mendebarkan bagi mahasiswa akhir. Skripsi sebagai karya penelitian ilmiah wajib bagi mahasiswa untuk memenuhi syarat kelulusan sebagai sarjana.

    Tujuan presentasi sidang skripsi ini adalah untuk menilai hasil penelitian mahasiswa karena skripsi tersebut harus memiliki bobot serta kualitas berdasarkan pada nilai keilmuan dan mengerjakan secara mandiri.

    Masalah umum yang sering sebagian besar mahasiswa hadapi adalah pada saat mempresentasikan skripsi. Ini adalah hal yang sangat penting untuk menyampaikan apa yang sudah di tulis di skripsi.

    Baca Juga: Cara Mengubah Icon Folder Desktop Windows Menjadi Gambar atau Foto

    Dengan memiliki kemampuan untuk mempersiapkan diri dan menguasai teknik penyajian yang baik maka presentasi tugas akhir pun terasa mudah.

    Seperti contoh presentasi sidang skripsi yang baik oleh Dr. Ira Mirawati., S.Sos., M.Si yang ia unggah di channel YouTube pribadinya Buiramira Official. Ia merupakan seorang dosen Universitas Padjajaran yang membagikan tips untuk presentasi. 

    Presentasi sidang skripsi yang baik

    1. Presentasi berdiri

    sidang skripsi
    Ilustrasi (Web)

    Jika Anda akan sidang skripsi cobalah latihan presentasi dengan berdiri. Dengan berdiri mahasiswa akan terlihat percaya diri dan terlihat sopan serta dosen penguji dan mahasiswa bisa melihat gestur dengan jelas.

    Dan dengan berdiri usahakan tatap mata audiensi yang mendengarkan presentasi dengan cara ini, audience juga akan menghormati kita, sehingga proses tanya jawab berjalan dengan baik.

    2. Slide penuh poin-poin

    sidang skripsi
    Ilustrasi (Web)

    Buatlah slide power point yang nyaman dan sederhana, dengan begitu mahasiswa terlihat sangat hafal dan percaya diri dengan mempresentasikan penelitian.

    Dalam hal ini, pastikan tidak perlu banyak penjelasan yang ada di power point dan penyajian presentasi tidak perlu rinci.

    Sederhanakan Power Point  presentasi, jika memungkinkan kurangi detail dalam presentasi skripsi.

    Jadi, untuk menjaga presentasi sidang skripsi mahasiswa tetap informatif dan menarik setiap saat, pastikan  materi presentasi itu runtut dan tidak perlu terlalu detail.

    3. Presentasi kurang lebih 10 menit

    waktu
    Ilustrasi (Web)

    Gunakan waktu sebaik mungkin karena biasanya presentasi sidang skripsi hanya beberapa menit saja. Tidak perlu bertele-tele langsung saja ke inti dari penelitian.

    Tidak perlu juga terburu-buru karena hal tersebut bisa membuat dosen penguji tidak mengerti inti dari presentasi.

    Jika tidak mengerti biasanya dosen penguji akan bertanya di akhir presentasi mahasiswa.

    Baca Juga: Cobain Fitur Rahasia Google Yang Jarang Orang Tahu

    4. Semangat

    Semangat
    Ilustrasi (Web)

    Presentasikan skripsi dengan semangat dan antusias, optimalkan bahasa tubuh dan intonasi suara dengan begitu seisi ruangan akan terbawa suasana.

    Jika mahasiswa melakukannya dengan baik, maka presentasi akan berjalan dengan lancar dan semua audience paham dengan isi presentasi tersebut.

    (Edi/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img