spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Atletik Kota Bandung Masih Optimis Capai Target di Porprov XIV Jabar

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Hingga Minggu (13/11/2022), Kota Bandung sudah meraih empat medali emas dari cabang olahraga atletik Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat yang digelar di stadion atletik Prabu Lingga Buana, Kabupaten Ciamis. Pemuncak klasemen sementara raihan medali di cabang olahraga atletik Porprov XIV Jabar masih dipegang Kabupaten Bogor dengan raihan 8 medali emas.

    Pada hari ke-5 pertandingan, Minggu (13/11/2022), tim atletik Kota Bandung menambah raihan medali emas dari nomor lari 100 meter putra. Adalah Muhammad Ramdan yang menyumbangkan medali emas bagi Kota Bandung di cabang olahraga atletik Porprov XIV Jabar.

    Medali emas dari nomor lari 100 meter putra, merupakan medali emas kedua Ramdan bagi Kota Bandung di ajang Porprov XIV Jabar. Sebelumnya, Ramdan meraih medali emas dari nomor lari 200 meter putra.

    Pada babak final nomor 100 meter putra, Ramdan bersaing dengan lima atlet lain dari dua daerah. Yakni Yaspi Bobby dan Fernando Lumain dari Kabupaten Bogor, serta Ogsa Agfreansa, Rizky Ramadhan, dan M. Ardiansyah dari Kabupaten Bekasi.

    Meski ‘dikepung’ pelari dari dua daerah, Ramdan mampu membuktikan diri sebagai yang tercepat. Eks atlet PON XX asal Kota Bandung ini pun mencatatkan waktu terbaik 10.82 detik.

    Medali perak di nomor bergengsi ini diraih Yaspi Bobby asal Kabupaten Bogor dengan catatan waktu 10.95 detik. Namun raihan medali atlet asal Sumatera Barat yang ‘ditransfer’ Kabupaten Bogor ini dalam posisi under protes (UP) karena permasalahan mutasi sehingga raihan medalinya bisa dicabut.

    Seperti diketahui, atlet berusia 35 tahun itu merupakan atlet Sumbar pada PON XIX/2016 Jabar dan meraih dua medali emas di nomor 100 meter dan 200 meter putra. Namun di PON XX di Papua pada 2021 lalu, pelari yang juga membela Sumbar dan sempat mendapat julukan ‘Usain Bolt Indonesia’ itu justru gagal meraih medali usai finish di posisi kelima di nomor 100 meter.

    Dan medali perunggu di nomor 100 meter putra diraih atlet Kabupaten Bekasi, Ogsa Agfreansa dengan catatan waktu 11.02 detik.

    BACA JUGA: Sepatu Roda Kota Bandung Raih Medali Emas Perdana di Porprov XIV Jabar

    “Alhamdulillah, hingga hari ini, kita sudah mendapatkan 4 medali emas, 2 perak, dan 3 perunggu. Empat medali emas ini disumbangkan dua atlet, yakni dari Ramdan dan Fitri Nur Fadhilah dari nomor jalan cepat 20 km serta 10 km,” kata Ketua Pengcab PASI Kota Bandung, Tjutju Nurdin saat ditemui di lokasi pertandingan, Minggu (13/11/2022).

    Tjutju mengatakan, target atletik Kota Bandung di ajang Porprov XIV Jabar yakni delapan medali emas. Meski baru meraih 4 medali emas, pihaknya masih optimis bisa mencapai target yang sudah ditetapkan.

    “Hingga saat ini kan baru 25 nomor yang dipertandingkan, masih ada sekitar 24 nomor lagi. Kita pun masih ada peluang di beberapa nomor, termasuk peluang Ramdan mencetak hattrick medali emas di Porprov XIV Jabar,” kata Tjutju.

    Sementara untuk nomor 100 meter putri, atlet peraih medali emas PON XX asal Kabupaten Bogor, Tyas Murtiningsih masih membuktikan diri sebagai wanita tercepat di Jabar. Tyas mencatatkan waktu 12.13 detik mengalahkan atlet Kabupaten irebon, Erna Nuryanti yang mencatatkan waktu 12.15 detik di posisi kedua dan Raden Roseline Fikana asal Kabupaten Bogor di posisi ketiga dengan catatan waktu 12.36 detik.

    Selain nomor 100 meter, pertandingan nomor Lompat Tinggi Galah putri pun memperebutkan medali emas di hari kelima pertandingan. Beby Alya Putri asal Kabupaten Kuningan menjadi yang terbaik dengan lompatan 3.20 meter. Medali perak diraih Jelita Nara Idea, atlet yang membela Kabupaten Bogor dengan lompatan setinggi 3.20 meter.

    Namun Jelita Nara pun dalam posisi under protes akibat proses mutasi yang dianggap tidak sah karena di PON XX lalu masih membela Provinsi DKI Jakarta. Sedangkan posisi ketiga ditempati Dinda Wahyuni (Kabupaten Bekasi) dengan lompatan 2.40 meter dan posisi keempat Syafinaz M (Kabupaten Sukabumi) dengan lompatan 2.20 mete.

    Lalu di nomor half marathon, Kabupaten Bogor meraih medali emas dari kelompok putri atas nama Westi Indah S yang mencatatkan waktu tercepat 1 jam 32:26 menit. Medali perak dan diraih atlet Kabupaten Bekasi, Eva Desiana (Kabupaten Bekasi) dengan catatan waktu 1 jam 33:02 menit dan Yanitasari dengan catatan waktu 1 jam 34:25 menit.

    Sedangkan di kelompok putra, medali emas half marathon Porprov XIV Jabar diraih atlet tuan rumah Agus Prayogo dengan catatan waktu 1 jam 11:21 menit. Namun Agus Prayogo masuk dalam kategori under protes karena hanya diperbolehkan bertanding di satu nomor sesuai kesepakatan yang diambil di rapat kerja provinsi PASI Jabar dan Agus Prayogo sudah meraih medali emas di nomor marathon.

    Medali perak nomor half marathon putra diraih Rikki Marthin Luther asal Kota Depok dengan catatan waktu 1 jam 12:03 menit. Dan medali perunggu oleh atlet Kabupaten Tasikmalaya, Asep Saefudin dengan catatan waktu 1 jam 14:32 menit.

    Berikut klasemen sementara peraih medali cabang olahraga Atletik Porprov XIV Jabar

    1. Kabupaten Bogor 8 Emas 3 Perak 2 Perunggu
    2. Kabupaten Bekasi 4 Emas 2 Perak 5 Perunggu
    3. Kota Bandung 4 Emas 2 Perak 3 Perunggu
    4. Kabupaten Kuningan 3 Emas 5 Perak 3 Perunggu
    5. Kabupaten Ciamis 2 Emas 3 Perak 2 Perunggu
    6. Kota Bekasi 2 Emas 0 Perak 2 Perunggu
    7. Kota Bogor 1 Emas 0 Perak 0 Perunggu
    8. Kabupaten Subang 1 Emas 0 Perak 0 Perunggu

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img