spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Tempe Mendoan jadi Google Doodle Hari Ini, Yuk Intip Resep Tempe Mendoan Dengan Mudah

    Fokusjabar.id: Sabtu (29/10/2022) ini Google Doodle menggunakan tampilan tempe mendoan menjadi halaman utamanya. Gambar doodle tersebut merupakan karya dari ilustrator artis Reza Dwi Setyawan asal Semarang, Jawa Tengah.

    Adapun alasan dari penggunaan tempe mendoan menjadi Google doodle hari ini. Menurut Google tempe merupakan makanan yang mempunyai protein nabati bergizi dan merupakan makanan fermentasi Indonesia yang usianya telah mencapai 400 tahun.

    Tempe mendoan sendiri menjadi salah satu varietas dari tempe goreng di Indonesia yang merupakan salah satu makanan ikonik sebagai warisan budaya tak benda di tahun 2021 lalu.

    Baca Juga: 7 Tips Atasi Rasa Kantuk di Jam Kerja

    Mendoan sendiri berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Kata tersebut berasal dari bahasa Banyumasan yaitu mendo yang berarti setengah matang atau lebek. Arti dari tempe mendoan adalah memasak makanan dengan minyak panas yang banyak dengan cepat namun tidak benar-benar matang.

    Resep Tempe Mendoan

    Berikut influencer makanan Tasyi Athasyia di media sosial TikToknya yang sudah ditonton oleh 269 ribu penonton, membagikan resep tempe mendoan:

    • Pertama-tama siapkan bahan-bahan seperti, 7 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, kencur 1/2 ruas jari, kunyit 1 ruas jari dan air secukupnya
    • Setelah itu bahan-bahan tersebut blender sampai halus
    • Adapun bahan lainnya adalah siapkan 15 sdm tepung terigu, 7 sdm tepung beras, daun bawang, dan masukan bumbu halus tadi
    • Setelah itu berikan air secukupnya agar adonan tidak terlalu kental lalu aduk secara merata
    • Masukan 2sdt kaldu bubuk, 1/2sdt garam, 1/2sdt lada, 1/2sdt gula, ketumbar bubuk secukupnya kedalam adonan basah tersebut
    • Jika adonan basah sudah siap tinggal masukan irisan tempe tipis kepada adonan basah tersebut
    • Jika irisan tempe sudah terbalut adonan basah setelah itu tinggal goreng di api yang panas
    • Untuk menambah rasa Anda bisa membuat saos cocolan. Gunakan irisan cabai rawit, kecap manis dan tidak lupa sedikit perasan jeruk nipis.
    • Nikmati sajian tempe mendoan yang telah Anda buat.

    Baca Juga: Perajin Tahu dan Tempe Kota Bandung Mogok Produksi

    (Edi/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img