spot_img
Selasa 29 November 2022
spot_img
More

    Yamaha E01, Motor Listrik yang Bisa Gantikan NMAX

    FOKUSJabar.id: Yamaha E01, bulan April 2022 lalu, Motor besutan Yamaha dengan tampilan mirip Nmax. Memberikan kenyamanan berkendara dengan mesin listrik dan menggunakan baterai lithium-ion sehingga nyaris tidak mengeluarkan suara.

    Untuk mendukung instruksi dari Presiden tentang kendaraan bermotor listrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinas operasional. 

    PT Yamaha selaku produsen kendaraan yang terkenal di Indonesia akhirnya memperkenalkan motor listrik barunya yaitu Yamaha E01.

    Motor listrik dengan tenaga yang mumpuni ini bisa menempuh jarak tempuh hingga 104 km dalam satu kali charging membuatnya tampak istimewa. 

    Baca Juga: Wuling Air ev, Mobil Listrik Termurah di Indonesia

    Performa motor listrik Yamaha E01 secara menyeluruh, hampir setara dengan motor matic 50 cc hingga 125 cc.

    Yamaha E01 dan NMax

    Saat mencobanya Anda akan familiar dengan posisi riding yang sama dengan motor yang pernah hadir sebelumnya yaitu Yamaha Nmax. 

    Tak hanya itu motor listrik ini mempunyai manuver yang hampir sama dengan motor bermesin bakar. 

    Body dari motor listrik ini sendiri memang cukup mirip dengan motor NMax, penempatan baterai di tengah bodi juga membantu meningkatkan kestabilan mesin.

    Lebih akurat saat bermanuver karena titik terberat mesin bukan di belakang melainkan di tengah.

    Skuter satu ini mempunyai hal yang berbeda dengan motor listrik lain, motor lain biasanya menempatkan motor listrik menyatu dengan roda belakang (dengan hub), Yamaha E01 ini menaruh peranti penggerak di sisi tengah.

    Saat memakainya pengguna bisa menggunakan 3 mode berkendara yaitu power untuk menanjak, standard untuk jalanan normal/datar, dan mode eco untuk hemat energi/lintasan menurun atau penggunaan jarak jauh yang memerlukan daya listrik lebih maksimal.

    Pengendara dapat memacu Yamaha E01 dengan kecepatan maksimal hingga 104 km/jam dengan catatan kecepatan rata-rata 60 km/jam berkat penggunaan baterai lithium-ion dengan daya maksimal 8.1kW.

    Baca Juga: 5 Aturan Modifikasi Motor Agar Tidak Kena Tilang, Pegendara Wajib Tahu

    Secara keseluruhan, Yamaha E01 memiliki rasa berkendara yang tidak jauh berbeda dengan motor Internal Combustion Engine. Namun Ini menjadi daya tarik tersendiri, karena banyak motor listrik yang beredar saat ini belum mampu menyediakannya hal tersebut.

    (Edi/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img