spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    5 Faktor Layar Hp Ghost Touch dan Cara Mengatasinya

    FOKUSJabar.id: Seiring berkembangnya zaman saat ini Handphone (Hp) mulai banyak melakukan inovasi dari yang semula hanya menggunakan tombol untuk mengoperasikan saat ini hampir setiap Hp menggunakan teknologi layar sentuh (touchscreen).

    Fungsi dari touchscreen itu sangat vital untuk Hp karena jika tidak berfungsi ponsel tidak akan bisa dioperasikan. 

    Sering dijumpai kasus bahwa layar ponsel tidak bisa disentuh dan melakukan gerakan sendiri atau ghost touch.

    BACA JUGA: Simak 4 Keuntungan PO Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4

    Lalu kenapa hal itu bisa terjadi? Banyak penyebabnya, selain dari kerusakan hardware hal itu juga bisa disebabkan karena beberapa faktor yang terjadi pada ponsel.

    1. Terkena cairan atau kotor terkena debu

    Jika terdapat cairan atau tetesan air di layar hp biasanya sensitivitas sentuhannya akan sedikit terganggu walaupun masih bisa dioperasikan layar hp akan melakukan gerakan sentuh secara otomatis.

    Untuk mengatasi hal itu segera bersihkan hp dari debu dan bersihkan dari cairan dengan menggunakan kain yang tidak kasar.

    1. Hindari Menggunakan Pengisi Daya KW

    Menggunakan pengisi daya yang bukan berasal dari pabrik ponselnya juga bisa mempengaruhi layar hp melakukan gerakan touch sendiri. Karena spesifikasi dari charger tersebut tidak sesuai dengan ponsel akan mempengaruhi sensitivitas layar hp. 

    Penggunaan charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel kita juga bisa menyebabkan baterai hp cepat rusak. 

    1. Terdapat Bug di aplikasi

    Biasanya setiap hp memiliki proteksi ancaman dari virus setelah melakukan instalasi aplikasi, jika aplikasi tersebut disinyalir tidak aman untuk hp maka akan ada pemberitahuan. 

    Yang berbahaya, jika aplikasi itu tetap berjalan dan menyebabkan bug bisa mempengaruhi sensitivitas layar sentuh pada ponsel kita dan menyebabkan beberapa fungsi dari ponsel terganggu.

    Maka dari itu penting setelah melakukan instalasi aplikasi untuk dilakukan proteksi dari virus.

    1. Menggunakan anti gores layar

    Anti gores atau screen guard memiliki fungsi yang sangat penting untuk layar hp agar layar tidak mudah rusak dan tergores.

    Namun terkadang menggunakan anti gores juga bisa menyebabkan sensitivitas layar menjadi terganggu. Hal itu bisa terjadi karena pemasangan anti gores yang tidak pas dan terdapat debu yang menempel saat dilakukan pemasangan anti gores.

    Penting, sebelum memasang anti gores layar hp harus dibersihkan terlebih dahulu agar tidak terjadi ghost touch dan serahkan pemasangan anti gores kepada ahlinya.

    BACA JUGA: Masalah Politik China, Kemunculan iPhone 14 Diundur

    1. Memori penyimpanan ponsel penuh

    Jika kita menggunakan penyimpanan ponsel berlebihan atau mendekati batas maksimum bisa menyebabkan sebagian fungsi dari ponsel terganggu termasuk sensitivitas layar.

    Sensitivitas layar akan terganggu atau melakukan ghost touch karena ponsel tidak mampu menjalankan sebagian fungsinya. Ponsel akan menjadi lambat dalam membuka aplikasi dan terkadang tidak bisa disentuh layarnya.

    Maka untuk mengatasi itu lakukan pembersihan cookie dan cache di ponsel secara berkala dan hapus file-file besar yang tidak penting.

    Nah itula 5 faktor layar hp melakukan gerakan sendiri atau ghost tauch.

    (Fauza)

    Berita Terbaru

    spot_img