spot_img
Jumat 12 Agustus 2022
spot_img
More

    Memanas, 27 Jet Tempur Cina Terobos Zona Taiwan 

    TAIWAN,FOKUSjabar.id: Sebanyak 27 jet tempur Cina menerobos masuk ke zona pertahanan udara Taiwan pada Rabu (3/8/2022) kemarin.

    Tindakan tersebut merupakan respon Cina terkait kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan.

    jet tempur cina ini diterbangkan beberapa jam usai kunjungan kontroversial Pelosi ke Taipei.

    Cina mengatakan, bahwa 27 jet tempur yang meluncur di atas laut lepas pantai Taiwan ini sebagai latihan militer.

    “Dalam perjuangan saat ini, seputar kunjungan Nancy Pelosi ke taiwan, AS adalah provokatornya, China adalah korbannya,” kata Kementerian Luar Negeri Cina, Kamis (4/8/2022).

    Di sisi lain, Presiden Tsai Ing-wen mengaku Taiwan tidak akan gentar menerima ancaman dari Cina, bahkan sebelum Pelosi datang hingga Pelosi pergi dari Taipei.

    “Menghadapi ancaman militer yang sengaja ditingkatkan, Taiwan tidak akan mundur. Kami akan terus mempertahankan garis pertahanan untuk demokrasi,” kata Tsai, saat bertemu dengan Pelosi.

    Perjalanan Pelosi telah meningkatkan ketegangan AS-Cina lebih dari kunjungan anggota Kongres lainnya karena posisinya yang tinggi sebagai ketua parlemen AS.

    Pelosi merupakan ketua parlemen pertama yang datang ke Taiwan dalam 25 tahun terakhir, tepatnya sejak kedatangan Newt Gingrich pada tahun 1997.

    “Kunjungan Anda tidak hanya mencerminkan dukungan kuat dari Kongres AS untuk hubungan bilateral – tetapi juga mengirimkan pesan kepada dunia bahwa demokrasi berdiri bersama dalam menghadapi tantangan bersama,” ujar Tsai.

    Tsai pun berterima kasih kepada Pelosi atas dukungannya selama puluhan tahun untuk Taiwan. Dalam pidatonya, Tsai juga menyinggung tentang ancaman China terhadap Taiwan.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img