spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    3 Atlet Jabar Catat Prestasi pada ‘2022 Asia Triathlon Championship Nur-Sulthan’ di Kazakhstan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tiga atlet asal Jawa Barat tampil dan mencatatkan prestasi membanggakan pada kejuaran triathlon bertajuk ‘2022 Asia Triathlon Championship Nur-Sulthan‘ di Kazakhstan, 23-24 Juli 2022 lalu. Ketiga atlet tersebut yakni Rashif Amila Taqin, Aryandra Fauzi Mauludin, dan Zahra Bulan Aprillia.

    Pada kejuaraan level Asia tersebut, tim nasional Indonesia mengirimkan empat orang atlet. Selain tiga atlet asal Jabar, satu atlet lain berasal dari Jatim yakni Ronald Bintang Setiawan.

    Keempat atlet triathlon timnas Indonesia tersebut, turun di dua kategori lomba yang dipertandingkan. Rashif Amila Yaqin berlaga di kategori U23 Male Standard Distance. Sedangkan tiga atlet lain yakni Bintang Ronald Setiawan, Aryandra Fauzi Mauludin, serta Zahra Bulan Aprillia turun di Junior U19 Sprint Distance.

    “Keseluruhan nomor lomba diselenggarakan di hari yang sama yakni pada 24 Juli 2022 waktu setempat,” kata Manajer Timnas Triathlon Indonesia, Dika Chrisna Irzandi saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Senin (01/08/2022).

    Dika menuturkan, ajang ‘2022 Asia Triathlon Championship Nur-Sulthan‘ menjadi even race internasional pertama yang dijalani Ami (sapaan Rashif Amila Yaqin). Meski demikian, Ami berhasil finish di posisi ke-12 dari target awal 15 besar Asia pada kategori U23 Male Standard Distance.

    “Ami mencatatkan waktu terbaik 01:56:39, lebih cepat dari peraih medali Emas SEA Games 2022 Vietnam. Pada Ami pun jauh meninggalkan atlet Filipina yang memperoleh medali perak pada SEA Games Vietnam lalu, Remolino dan menjadi yang terbaik untuk kawasan Asia Tenggara,” kata Dika.

    BACA JUGA: Hipmi Ciamis Kolaborasi Bisnis se-Priangan Timur

    Sementara untuk juara pada kategori U23 Male Standard Distance, diraih atlet asal Hongkong, Oscar Coggins dengan catatan waktu 01:51:14. Diikuti atlet tuan rumah Kazakhstan, Daryn Konysbayev (01:52:09) dan atlet China, Qing Chen (01:52:56).

    Sementara performa Bulan (sapaan Zahra Bulan Aprillia Putri), diakui Dika, mencatatkan perkembangan yang baik dari lomba terakhir yang diikutinya pada Desember 2021. Meski merupakan single event internasional pertama yang diikutinya, Bulan berhasil finish di posisi ke-7 dari target 10 besar pada World Triathlon Event tersebut.

    Bulan, lanjut Dika, mengalami peningkatan 6 persen atau 3 menit 45 detik dari race triathlon terakhir yang diikutinya pada ajang seleknas di UNESA Triathlon 2021. Sebelumnya, Bulan fokus pada kategori Duathlon sejak bulan Januari hingga Mei 2022.

    “Performa Bulan meningkat signifikan dengan mencatatkan waktu 01:07:55 di ajang 2022 Asia Triathlon Championship Nur-Sulthan. Tak hanya meninggalkan atlet lain asal negara-negara Asean tetapi juga negara Asia kuat lainnya, Bulan jadi yang terbaik diantaranya atlet Asia Tenggara,” Dika menuturkan.

    fokusjabar.id Asia Triathlon Championship
    Atlet triathlon asal Jabar, Zahra Bulan Aprillia saat berlaga di kategori Junior U19 Sprint Distance pada kejuaraan ‘2022 Asia Triathlon Championship Nur-Sulthan’ di Kazakhstan. Bulan finish di posisi 7. (FOTO: Istimewa)

    Posisi teratas pada kategori Female Junior U19 Sprint Distance, diraih atlet Jepang, Mako Hiraizumi (01:04:13) dan Manami Hayashi (01:04:51). Posisi ketiga ditempati atlet asal Hongkong, Charlotte Hall dengan catatan waktu 01:05:19.

    Sementara untuk Aay (Sapaan Aryandra Fauzi Mauludin) yang turun di kategori lomba Male Junior U19 Sprint Distance, kata Dika, sudah mampu bersaing dengan atlet-atlet asal Asean. Menjadi even internasional pertama, catatan waktu Aay sudah cukup baik meski baru memulai latihan triathlon belum genap setahun atau sejak September 2021.

    “Pencapaian Aay sudah termasuk cukup baik. Catatan waktu di renang dan lari cukup bersaing, namun kemampuan sepedanya masih belum mempuni dan harus ditingkatkan,” Dika menjelaskan.

    Untuk Ronald Bintang Setiawan yang juga turun di kategori lomba Male Junior U19 Sprint Distance, memperoleh waktu cukup baik dan finish di posisi 10 dengan catatan waktu 01:01:12. Ronald pun menjadi yang terbaik untuk kawasan Asia Tenggara dan catatan waktunya mengalami peningkatan dibandingkan dengan event Sprint Distance terakhir di UNESA Triathlon 2021.

    “Juara pada kategori ini diraih atlet Jepang, Amu Omuro dengan catatan waktu 00:58:11 diikuti rekan senegaranya, Takuto Oshima dengan catatan waktu 00:58:18. Posisi ketiga diraih atlet tuan rumah Kazahstan, Yegor Krupyskov dengan catatan waktu 00:58:23,” Dika menegaskan.

    Melihat hasil yang diraih atlet Indonesia pada ajang ‘2022 Asia Triathlon Championship Nur-Sulthan’, khususnya tiga atlet asal Jabar, Dika mengatakan jika Triathlon Indonesia sedang memasuki tahap regenerasi positif. Atlet-atlet junior yang memiliki determinasi dan menunjukkan konsistensi latihan juga catatan waktu sudah bisa bersaing dilevel Asean dan Asia pun mulai bermunculan.

    “Ini hal positif yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan. Besar harapan Triathlon Indonesia terus berkembang pesat baik di nasional, maupun di keseluruhan Pengprov FTI se-Indonesia,” kata Dika.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img