spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Roundnet Goes to School, Cara PB PORSI Ajak Generasi Muda Berolahraga

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus Besar (PB) Persatuan Olahraga Roundnet Seluruh Indonesia (PORSI) terus mengembangkan dan menjaring calon-calon atlet muda di Indonesia. Salah satunya dengan menggelar program ‘Roundnet Goes to School’ yang menyasar siswa-siswi SD, SMP dan SMA.

    Dalam program tersebut, organisasi olahraga yang lebih dikenal dengan Roundnet Indonesia itu secara marathon mengunjungi beberapa sekolah di Indonesia. Dibantu dengan komunitas, klub, dan pengurus lainnya, mereka melakukan kegiatan pengenalan olahraga roundnet ke sekolah-sekolah sejak tahun 2021.

    Dalam kegiatan program tersebut, para siswa diberikan penjelasan mengenai olahraga roundnet, Mulai dari perlengkapannya, aturan permainannya, hingga teknik-teknik dasar olahraga roundnet saat dimainkan.

    fokusjabar.id PB PORSI roundnet
    Sosialisasi dan pengenalan olahraga roundnet di SMA Pasundan 1 Kota Bandung yang dilakukan PB PORSI melalui program Roundnet Goes to School. (FOTO: Humas PB PORSI)

    “Pihak sekolah pun menyambut baik kedatangan kami untuk melakukan sosialisasi hingga olahraga roundnet ini dipraktekan. Begitu pun dengan para siswa, bahkan beberapa sekolah mencanangkan roundnet menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler. Ini antusias yang jadi indikasi baik untuk menjaring bibit-bibit baru calon atlet,” kata Ketua Umum PB PORSI, Genta Fajar saat ditemui di Bandung, Selasa (26/7/2022).

    BACA JUGA: Barcelona Salip Chelsea dalam Perburuan Jules Kounde

    Genta menuturkan, suplai bibit-bibit atlet berbakat, disiplin dan mental juang yang bagus memegang peranan penting untuk keberlangsungan jalannya kegiatan berolaharaga. Baik sebagai hobi hingga professional.

    Mellalui program ‘Roundnet Goes to School’, Genta berharap bisa menstimulan generasi muda untuk gemar berolahraga tanpa ada tekanan atau paksaan.

    “Yang penting para siswa ini senang saja dulu sama roundnet. Setelah senang, bisa beranjak ke jenjang lebih serius sebagai atlet. Kami sendiri ada rencana membuat turnamen roundnet antar SD di masa depan,” Genta menuturkan.

    fokusjabar.id PB PORSI roundnet
    Ketua Umum PB PORSI, Genta Fajar memberikan penjelasan mengenai olahraga roundnet saat program Roundnet Goes to School di SMA PGII 2 Kota Bandung. (FOTO: Humas PB PORSI)

    Salah satu sekolah yang telah menjadikan roundnet sebagai kegiatan ekstrakurikuler yakni di SMK PGRI 5 Jakarta Barat. Termasuk SMAN 2 Majalaya Kabupaten Bandung yang menjadi sekolah pertama di wilayah Jabar yang menjadikan roundnet sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler.

    “Begitu juga di SMA Santa Angela Kota Bandung, roundnet menjadi daya tarik tersendiri bagi para siswa dan menyertakan olahraga ini dalam acara pengenalan sekolah saat penerimaan siswa baru sebagai salah satu kegiatan olahraga dan ekstrakulikuler. Begitu juga di SMP Negeri 52 Kota Bandung,” Genta menambahkan.

    Dari program ‘Roundnet Goes To School’ ini, PB PORSI berharap kedepannya bisa terselenggara turnamen rutin tahunan bagi tingkat SD, SMP, hingga SMA. Sehingga gairah berolahraga roundnet bisa tumbuh berkembang pesat.

    “Kedepannya, olahraga ini bisa menjadi jalur prestasi dan melahirkan atlet-atlet potensial yang bisa mencetak prestasi untuk level nasional sampai internasional,” kata Bapak Roundnet Indonesia ini.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img