spot_img
Jumat 12 Agustus 2022
spot_img
More

    Catat! Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Sudah Ada Di 48 Kota, Berikut Daftarnya

    FOKUSJabar.id: Pemilik kendaraan listrik saat ini jangan khawatir pasalnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sudah mencapai 126 tersebar di 48 kota di Indonesia

    Dengan demikian SPKLU yang dibangun oleh PLN sebarannya sudah cukup luas. Dari data yang berhasil dihimpun Stasiun pengisian Kendaraan Listrik Umum  di Area DKI Jakarta memiliki setidaknya 101 unit, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara terdapat 43 unit, Jawa Barat memiliki 37 unit, Jawa Tengan dan DIY memiliki 27 unit, area Sumatera memiliki 21 unit, area Banten terdapat 20 unit, dan Sulawesi, Kalimantan, dan Maluku memiliki setidaknya 18 unit.

    Akan tetap sebaran tersebut masih didominasi di DKU Jakarta, akan tetap target untuk saat ini akan di sebar ke berbagai daerah lain di Indonesia, salah satu dukung atas energi terbarukan yang digunakan mobil dan kendaraan lain. Terlebih penggunaan kendaraan listrik saat terus bertambah.

    BACA JUGA: Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Bisa Berfungsi Sebagai Genset Saat Lampu Mati

    Dilansir Suara.com akhir tahun 2022 sendiri ditargetkan Indonesia akan memiliki setidaknya 580 unit SPKLU yang tersebar di berbagai kota. Hal ini senada dengan prediksi pertumbuhan kendaraan listrik berbasis baterai yang diperkirakan mencapai lebih dari 5.800-an unit.

    Untuk proyeksi masa depan, pada tahun 2030 nanti Indonesia memiliki target pembangunan SPKLU hingga 23.720 unit untuk mengakomodir sekitar lebih dari 250.000 kendaraan listrik.

    Hal ini dirasa cukup masuk akal, karena PLN telah membuka peluang kerjasama pengelolaan SPKLU pada pihak ketiga.

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img